PROFESI PR DALAM DUNIA KERJA
Masyarakat mengenal profesi Public Relations ( PR) dari beberapa sisi. Yang pertama, PR akademisi, yaiutu paa pengajar, peneliti ilmu kmunikasi yang memberi andil bagi pengembangan dan perluasan ilmu hubungan masyarakat melalui pendidikan. Yang kedua, inhouse PR yaitu mereka yang bekerja sebagai petugas PR di organisasi swasta maupun nirlaba. Yang ketiga, konsultan PR, yaitu pekerja perusahaan jasa kehumasan, melayani sejumlah klien yang membutuhkan konsultasi program
Cikal bakal munculnya profesi PR erat kaitannya dengan profesi wartawan dan dunia jurnalistik. Ivy Ledbetter Lee seorang jurnalis senior Amerika Serikat di tahun 1906 telah menerapkan prinsip dan stratetegi PR untuk menyelesaikan krisis manajemen yang dialami sebuah perusahaan raksasa.perusahaan itu adalah industri tambang minyak terbesar yang menghadapi pemogokan masal para buruhnya, dan berpotensi menjatuhkan bisnisnya sekaligus reputasi perusahaan. Saat itulah Ivy Lee mengajukan konsep manajemen PR untuk mengatasi krisi tersebut, proposalnya sebagai berikut:
- Membentuk manajemen PR yang bertugas mengatur informasi atau berita dengan bekerjasama dengan pers
- Posisi PR setara top manajemen dan decision maker, tepatnyua sebagai executive assistant President Director
- Memiliki wewenang penuh melaksanakan fungsi dan peran sebagai pejabat PR yang mengelola manajemen komunikasi
- Manajemen peruasahaan harus lebih terbuka terhadap public, buruh dan pers
Fungsi petugas PR atau PR Officer (PRO) pun berkembang seiring kemajuan dunia usaha.
- Communicator
Sebagai juru bicara organisasi, PR berkomunikasi secara intensif melalui media dan kelompok masyarakat. Hampir semua teknik komunikasi antar pesona ( interpersonal communication) dipergunakan, komunikasi lisan, komunikasi tatap muka sebagai mediator maupun persuader.
- Relationship
Relationship yang tidak harmonis beresiko menimbulkan ketidakpuasan public yang pada akhirnya mengancam kelangsungan bisnis perusahaan. Contoh: penanganan kasus Lumpur panas PT. Lapindo terus menerus menimbulkan protes ketidakpuasan dari penduduk yang kecewa karena proses penggantian kerugian untuk rumah yang terendam tidak segera terealisir.
- Management backup
Menunjang kegiatan departemen lain dalam perusahaan seperti bagian pemasaran, operasional, teknik, keuangan , personalia demi terciptanya tujuan bersama
- Good image maker
Menciptakan citra perusahaan dan publisitas positif
Dalam dua dekade terakhir, publik mencermati nama - nama pejabat PR yang kerap muncul sebagai nara sumber perusahaan atau organisasi yang diwakilinya, seperti:
- Aminuddin mewakili Astra International
- Ditta Amahoerseya mewakili Citibank Indonesia
- Budi Mulya mewakili Bank Indonesia
- Pujobroto mewakili Garuda Indonesia
- Mengembangkan awareness dan persepsi masyarakat terhadap misi organisasi
- Menciptakan salurankomunikasi yang tepat dengan public yang dilayaninya
- Menciptakan dan mengembangkan iklim dan budaya untuk fundraising
- Memformulasikan kebijakan public yang berkaitan dengan misi organisasi
- Memotivasi etos kerja public internal baik manajemen, karyawan, sukarelawan, dan mitra terkait untuk mencapai misi organisasi
Izin mengambil tulisan untuk jawaban tugas , terima kasih :)
BalasHapus