1) Sikap yang
jujur.
Kejujuran
dalam menyampaikan berita adalah hal yang sangat penting. Ketidaklancaran
komunikasi sering disebabkan rasa tidak puas
karena sikap menyembunyikan sesuatu dengan cara yang tidak jujur.2) Sikap menghormati kepercayaan.
Jangan sampai berita yang kita sampaikan dengan kejujuran disebarluaskan sebagai gosip atau rumor yang membuat orang lain kecewa.
3) Sikap keterbukaan.
Sikap terbuka tidak berpaku pada pendapat kita sendiri, tetapi mempergunakan pendapat orang lain sebagai bahan pertimbangan.
4) Sikap menerima orang lain.
Untuk menciptakan komunikasi yang efektif perlu ada kepercayaan dari masing-masing pihak bahwa mereka dapat diterima dengan sepenuh hati tanpa syarat.
Mendengarkan
Secara Efektif
Mendengarkan
adalah salah satu keahlian yang sangat penting, karena akan membuat komunikasi
menjadi hidup. Untuk itu perlu melatih diri dengan sebaik-baiknya.
Keuntungan dalam mendengar
a) Mendengar dengan baik memberikan dorongan moril.
Saat seseorang mendengarkan dengan
penuh perhatian, ia akan mendapat respek dari yang berbicara, sehingga
menimbulkan kepuasan dari pihak lain.a) Mendengar dengan baik memberikan dorongan moril.
b) Mendengar yang baik, ciri pemimpin yang baik.
Dari hasil pemikiran sekuler terbukti bahwa seseorang yang mempunyai kebiasaan mendengar dengan penuh perhatian, berpotensi untuk menjadi seorang pemimpin yang baik. Ia mampu menjabarkan semua instruksi atasannya dan juga mampu mengakomogasi saran-saran dan bahkan koreksi yang diberikan anak buahnya.
c) Mendengar yang baik sangat menghemat waktu.
Apabila seseorang yang awalnya sudah mendengar sesuatu yang benar, ia tdak perlu membuang waktu lagi untuk bertanya.
Kelemahan-kelemahan tidak mendengar dengan baik, yaitu :
a. Tidak perhatian
Kurangnya perhatian dari pendengar membuat kapasitas penerima akan menurun secara drastis.
b. Lingkungan yang buruk
Orang tidak dapat menangkap pembicaraan pihak lain kecuali dapat mendengar dengan jelas.
c. Berprasangka terhadap penampilan
Banyak orang yang terpengaruh dengn penampilan seseorang yang akhirnya dapat menimbulkan rasa sangsi atas kemampuan komunikasi seseorang.
d. Sifat sok tahu
Sering kali seseorang menyepelekan berita yang disampaikan karena merasa sudah pernah mendengar sebelumnya. Aifat ini harus dihilangkan karena kemungkinan masih ada hal-hal yang pelum pernah didengar sehingga masih dapat dipelajari dan diketahui lebih dalam lagi.
e. Sikap menghakimi
Seseorang tidak dapat mendengar dengan penuh perhatian apabila dalam hati dan pikirannya penuh dengan rasa penghakiman, tidak setuju dan tidak cocok.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar