A.
PENDAHULUAN
Dewasa
ini pendidikan semakin maju, kesadaran akan pendidikan makin membuka fikiran
setiap orang, sehingga terjadilah lapangan pekerjaan terisi penuh dengan
sarjana sarjana dan berdampak pada melonjaknya para lulusan yang berkualitas
sesuai dengan bidangnya sehingga menggeser para pekerja yang lama dengan
lulusan baru. Maka terjadilah banyak pengangguran, sehingga mereka berinisiatif
untuk membuka bisnis. Mereka tidak akan kesulitan untuk mempromosikan barang
yang mereka bisniskan, dengan ada nya social media seperti facebook, twitter
dll. Sehingga disebutlah pemasaran media, karena mereka tak perlu lagi membayar
sewa iklan melalui radio, televise atau bahkan bill board.
Apa itu
pemasaran Media Sosial?
Media
social mempunyai berbagai bentuk yaitu berbrntuk visual ataupun audiovisual.
contoh yang berbentuk visual adalah koran, majalah dll, sedangkan audiovisual
yaitu melalui radio, televise dll. Seiring berjalan nya waktu para pembisinis
memasarkan produknya melalui twitter, facebook, youtube, blog dll.
Merek besar dan
media social
IBM
memiliki 100 blog yang berbeda, Burger King bisa menjadi trending topic iklan
di youtube, atau peusahaan sebesar iphone makin besar dengan iklan nya di
youtube, dimana pada saat ini hampir setiap orang menggunakan internet dan
mereka bisa sepuasnya membuka dunia maya.
Bisnis Kecil dan
Media Sosial
Seperti terindikasi dari uraian di atas, media
social menjadi sebuah equalizer yang dahsyat. Perusahaan perusahaan besar dapat
di saingi tanpa modal besar, kalo anda pernah membaca kisah nya Pecel Lele Lela
yang besar berkat kegigihan dan tentu saja iklan melalui jejaring social yang
namanya twitter.
Media social dan
Anda
Lepas
dari apakah anda merupakan bagian dari perusaah kecil, menengah, atau raksasa
atay anda adalah perusaan individual atau bukan. Di buku ini Anda akan
mendapatkan ilmu nya.
B.
BLOGGING
Blog
adalah sejenis system manajemen konten (content management system) CMS yang
memudahkan siapa saja untuk mempublikasikan tulisan tulisan pendek yang
dinamakan post. Peranti lunak blog menyediakan hubungan hubungan canggih,
seperti comment, blogroll, trackback, dan subscription yang menjadikan blog
sebagai media pemasaran yang sempurna. Blog membuat aktifitas aktifitas
pemasaran Anda di media social jadi titik sentral karena blog dapat dihubungkan
dengan nyaris semua alat dan flatform lainnya.
Setiap
perusahaan mempunyai situs internet harus memiliki blog yang berbicara dengan
para pelanggan sebagai manusia nyata. Blog bukan tempat yang tepat untuk
menyiarkan siaran pers perusahaan, blog harus bersifat konversasional
(percakapan interaktif)
Sejarah
Sejak
zaman dahulu kala manusia sudah terbiasa dengan mencatat keseharianya di buku
dan pribadi. Tapi manusia saat ini mencatat keseharian nya lebih bersifat
online sehingga dapat di baca oleh setiap orang yang mengunjungi dunia maya.
Inilah awal mula dibuat nya blog. Yang berawal dari senangnya manusia menulis
kegiatan atau perasaan nya di buku harian arau Diary.
Protokol
Semua
blogging platform mempunyai beberapa ciri dan fitur yang sama. Dibawah ini
adalah ciri-ciri fitur dalam blog.
1.
Post
Blog berisikan banyak post. Panjang sebuah
post berkisar dari 100 atau 200 kata sampai berhalamn halaman, tetapi supaya
efektif, satu post harus selalu membicarakan satu topic.
Posting biasanya
ada yang pendek dan panjang, post yang pendek seringkali dipakai untuk
menyampaikan berita dan menginformasikan peristiwa peristiwa. Sedangkan post
yang panjang lebih bersifat ilmu pengetahuan atau sejarah suatu produk dll.
2.
Permalink
Setiap post di
blog dapat dilihat di banyak tempat, misalnya di beranda (home page), halaman
kategori, dan halaman arsip. Tempat tempat ini bersifat dinamis, dan ketika
post post baru bertambah, post lama di mundurkan.
3.
Komentar
Kebanyakan blog
menyediakan sebuah tempat dibawah setiap post bagi para pengguna untuk menuliskan
komentar, sehingga si pemilik blog bisa menjawab dan mengobrol dengan
pengunjung blog nya.
4.
Theme
Kebanyakan
peranti lunak blog memungkinkan kita untuk mengubah tampilan situs dengan
menggunakan theme, karena dengan menampilkan theme yang menarik akan mengundang
pengunjung untuk mengunjungi dan membaca blog yang kita tampilkan.
5.
Halaman Arsip
dan Halaman Kategori
Post ditampilkan
dalam urutan waktu yang terbalik, hanya 10-20 post paling baru yang akan muncul
di sebuah beranda blog. Untuk memudahkan pencarian post post lama, kebanyakan
peranti lunak blog membuat halaman arsip. Sehingga disini pengguna bisa mencari
posting lama.
6.
Blogroll
Blogroll adalah
daftar tautan ke blog blog lain yang direkomendasikan. Banyak blogger yang
memiliki blogroll di sidebar mereka. Blog blog lain tersebut merupakan situs
situs yang selalu di buka oleh blogger.
7.
Tautan
Tautan
menunjukan peredaran blogging. Tautan tautan yang masuk tentu mengirim traffic
(menambah kepadatan lalu lintasblogging), tetapi juga mendukung pemeringkatan situs
situs di mesin pencari. Oleh karena tautan tautan sangat di cari kebanyakan
bloger sangatmemperhatikan siapa yang sedang membuat tautan dengan mereka lewat
mesin mesin pencari blog.
8.
Trackback dan
pingback
Sebagian besar
peranti lunak blog mengirimkan trackback atau pingback ketika kita membuat
tautan ke blog lain. Singkatnya trackback atau pingback merupakan pemberitahuan
dari satu blog ke blog lain bahwa pengirimnya telah menunjukan sebuah tautan
kepada penerima nya. Trackback atau pingback sangat popular ketika diciptakan
pertama kali.
9.
TweetMeme Button
TweetMeme.com
menawarkan javaScript berukuran kecil yang dapat kita copy dan paste di post
post kita.
10. Subcription
Peranti lunak
blog memungkinkan kita menyatupadukan konten konten kita dengan menggunakan
format format yang popular seperti RSS dan atom format format ini dirancang
supaya orang lain dapat membaca konten kita. Peranti lunak blog yang bagus
member kemudahan dengan memnyediakan sebuah button sederhana yang tinggal
diklik untuk memasukan blog.
Apabila audiens
yang kita sasar melek tekhnologi kita
harus menggunakan subscription berbasis feed, apabila tidak ada maka harus ada
pilihan seperti e-mail. Maka tampilkanlah dengan tampilan yang mencolok,
pilihlah theme yang menarik.
Platform
Blog dapat diseting
dalam berbagai platform. Bagian ini akan memaparkan dua jenis platform yang
tersedia sampai saat ini, dan secara mendetail membahas sebagian fitur pada
platform platform tertentu.
1.
Hosted versus
Self-Hosted
Peranti lunak
blog dibedakan jadi 2: hosted dan self-hosted. Hosted software, seperti
LiveJournal, berada deserver milik perusahaan yang menjaga kode nya. Banyak
hosted software mengharuskan menggunakan URL. Blog blog yang paling popular
sekarang menggunakan self-hosted software dan diperlukan peng-instalan,
mendesain, mengkonfigurasi dan memelihara blog agar blog berjalan sesuai dengan
keperluan kita.
2.
Wordpress
Wordpress
merupakan peranti lunak blog yang paling terkenal dan paling banyak dipakai,
serta peranti lunak favorit saya. WordPress gratis, termasuk open source, dan
mempunyai komunitas pengembang dan desainer andal yang telah membuat ribuan
plug-in dan theme, yang menjadikan wordpress paling mudah diubah. Setelah di
install dan di set-up.
3.
Movable Type
Banyak blog yang
lalu lintasnya sangat padat di web menggunakan Movable Type. Sejak beberapa
tahun silam. Movable Type telah berubah menjadi open source dan sangat
mendukung untuk multiblog, tetapi penggunaanya tidak semudah wordpress.
4.
Blogger
Blogger sangat
mudah digunakan tetapi tidak mempunyai banyak fitur yang tersedia di platform
platform lain nya. Blogger merupakan pilihan yang popular bagi para blogger,
yang baru membuat blog.
5.
HubSpot
HubSpot menjual
banyak tool, termasuk blogging package. Layanan hosted berbayar ini merupakan
blog anda tampil di domain anda sendiri, dan mempunyai fitur fitur untuk
perusahaan yang ingin memadukan blog nya dengan lead-tracking dan marketing
analyticnya.
Strategi dalam
Membuat Konten
Hal
terpenting pada saat hendak membuat blog yaitu kita harus memiliki topic yang
akan di dominadi di blog. Apabila kita telah menentukan topic kita harus
memperbanyak pendpat pendapat kita di blog, lalu kerjakan blog dengan sungguh
sungguh dan rajin mengunggah pendapat kita sesuai topic yang sedang ramai di
masyarakat.
1.
Berita
Jenis konten
paling popular yang dapat kita jadikan topic di blog yaitu berita yang ada
dalam breaking news atau lain nya. Cara terbaik untuk memperoleh informasi
seperti ini adalah menjalin hubungan nyata diluar dunia maya dengan orang orang
yang berkecimpung dibidang bisnis kita. Apabila kita menemukan penemuan baru
atau produk baru maka bersegeral memposting nya di blog.
2.
Daftar
Para pengguna
blog lebih mencari konten yang di pecah pendek pendek supaya mudah membaca nya
ketimbang blok blok teks yang panjang dan membosankan.
3.
Cara melakukan
sesuatu
Peluang terbuka
lebar jika kita mengetahui cara melakukan sesuatu sementara orang lain tidak
mengetahui nya, maka tulislah langkah langkah sesuatu agar blog kita adsa yang
mengunjungi.
4.
Kontroversi
Tulislah hal hal
yang berbau kontroversi tetapi kita punya penyelesaian, atau postinglah
pendapat kita mengenai kontroversi yang terjadi di masyarakat.
Menjaring Audiens
Hal
pokok dalam menjaring audiens adalah menjalin kontak dengan blogger blogger
lain dibidang bisnis kita. Pertama kasihlah komentar kepada bloger lain lalu
kita ikuti, lalu berkenalan lah di twitter atau facebook. Setelah terjadi
pertemanan maka blog kita akan banyak teman nya.
Tip
1.
Setiap
perusahaan harus mempunyai satu blog, dan blog ini menjadi pusat pemasaran di
media social.
2.
Pilihlah
topic yang dapat kita dominasi, jangan ambil topic topic yang sudah dibicarakan
banyak orang di banyak blog, dan ungkapkan lah pendapat unik.
3.
Buatlah
desain blog yang bagus dan menarik.
4.
Biasakan
posting secara teratur
5.
Cari
tahu bloger lain di bisnis kita
6.
Ramulah
beragam jenis konten dan tambahkan foto, video dan suara.
C.
TWITTER DAN
MICROBLOGGING
Microblogging
adalah bentuk blogging yang membatasi ukuran setiap post-nya. Kebanyakan perusahaan
hadir di twitter, karena twitter memudahkan penyampaian tawaran atau
memberitahukan peristiwa sehingga menghubungkan para pembaca dengan tautan tautan
yang berisi berita berita penting.
Sejarah
Twitter
diciptakan pada Maret 2006, twitter mencapai titik keberhasilan pertama ketika
pesan yang beredar perhari naik dari 20.000 jadi 60.000 karena ribuan peserta
acara itu menggunakan twitter untuk saling mencari dan mengomentari diskusi
panel yang sedang berlangsung.
Protocol
Mikroblog
itu sejenis media social yang mengenalkan dasar dasar dari microblogging yang
bisa dipakai untuk semua kalangan.
Akun
Di
twitter, akun pribadi dan perusahaan berbaur dalam wadah luas dan beku. Tip
pembuatan twitter agar banyak followers makan jangan menggunakan number atau
underscore misalkan @evi_iswanti2013 karena itu akan mempersulit pencarian
pengikut twitter lain nya. Pada saat kita menggunakan Photo profile maka tampilkan
photo kita sendiri dan harus jelas jangan mengganti ganti photo. Isilah Bio
dengan jelas dan mudah di mengerti dan jangan lupa cantumkan Bio semenarik
mungkin lalu tampilkan latar yang menarik atau mencolok tetapi jangn melupakan
kemudahan homepage untuk dibaca. Twit lah hal hal yang menarik dan dapat
bermanfaat bagi orang lain dari segi hiburan, pendidikan informasi dll.
Direct message
Kita
bisa menggunakan direct message bagi followers baru kita gunakan lah bahasa
yang simple dan mudah dimengerti.
Trending topic
Tweet
lah hal hal yang sedang marak dibicarakan. Agar banyak yang mem-follow twitter
kita, sehingga kita mempunyai banyak followers
Hastag
Gunakan
lah hastag bagi setiap twit kita agar menghubungkan kepada orang lain penggina
twitter.
Memperpendek URL
Dikarenakan
setiap tweet dibatasi 140 karakter, ruang tweet menjadi sangat berharga, URL
umumnya cukup panjang dan memakan banyak tempat di twitter. Maka gunakan lah
URL untuk memperpendek tweet anda.
Tweetie
Adalah
aplikasi untuk smartphone dan penyediaan secara gratis didukung iklan dan juga
versi berbayarnya.
Twhirl
Adalah
aplikasi adobe air untuk computer meja, dan memiliki pengecekan ejaan, sehingga
kita tidak aka nada penulisan ejaan yang salah, karena twhrl akan membenarkan
nya.
HootSuite
Ini
adalah termasuk client twitter berbasis web favourite, dengan aplikasi ini kita
bisa mentweet ulang twit lama.
D.
JEJARING SOSIAL
Jejaring
social adalah situs yang menjadi tempat orang orang bertemu dengan teman,
client dll. Situs situs jejaring social sangat bermanfaat bagi pegawai
pemasaran karena menyediakan sejumlah layanan untuk berinteraksi dengan
pelanggan, misalnya plug-in application, group dan halaman fan.
Sejarah
Jejaring
social online berawal dari bulletin board system (bbs) pada 1980-an. Para
pengguna nya dapat log-in ke system ini, meski konek nya sangat lambat.
Facebook
Seiring berjalan nya waktu dan berkembang nya
tekhnologi maka muncul lah jejaring social yang lebih cepat yaitu facebook,
dengan meggunakan facebook kita bisa saling bertukar informasi, chatting,
berbagi photo, mengundang orang. Dengan menggunakan facebook kita harus pintar
dalam penggunaanya. Di facebook kita bisa berbagi pesan pula atau bisa
menginformasikan lokasi tempat kita berada. Selain itu facebook mempunya fitur
pesan terbuka dan bisa juga membuat grup.
Linkedln
Untuk
keperluan bisnis professional, linkeldn merupakan jejaring social yang paling
terbatas dalam fitur untuk mengubah halaman dan menyatukan konten, tiada fitur foto
sharing, dan linkedln menjadi situs jejaring social yang paling akhir dalam
memberikan fasilitas kepada para pengguna untuk mengeposkan foto mereka sendiri
di profil mereka.
MySpace
Merupakan
situs jejaring social pertama yang member kebebasan kepada para pengguna untuk
mengubah ubah profil mereka, myspace popular di kalangan remaja, pemusik dan
seniman seni man lain. Myspace memberikan kebebasan yang lebih banyak dari pada
jejaring social lain nya. Myspace menyediakan fitur blogging yang mudah digunakan
dan tersambungke profil pengguna, setelah mendaftar dan membuat fropil myspace,
kita bisa mudah memulai dan menggunakan myspace.
E.
MEDIA BERSAMA
Di
situs situs media bersama, kita dapat membuat dan mengunggah konten multimedia,
yang kadang kala disebut user generated content (UGC). Denganadanya kamera
video dan photo dan video digital dan juga koneksi internet yang berkecepatan
tinggi, situs situ media bersama menjadi popular. Para pegawai perusahaan dapat
membuat video dengan bekal sedikit keahlian dan mengunggah video tersebut ke
youtube yang menjangkau jutaan pengguna.
Sejarah
Salahsatu
situs media bersama pertama, IFILM.net, di luncurkan pada 1997 sebagai kumpulan
video pendek online, yang para pengguna nya dapat mengunggah video mereka
sendiri. Pada tahun 2002, Flash MX diluncurkan yang memungkinkan pembuatan
video web yang kini kita kenal sekarang. Pada tahu 1999, lahirlah tiga
komunitas photo bersama. Ofoto, shutterfly, dan web shots menjadikan para
pengguna dapat mengunggah foto foto mereka dan membagi nya keseluruh dunia.
Protokol
Situs
situs media bersama social membuat para pengguna dapat berbagi banyak jenis
media, dan situs situs tersebut memiliki banyak fitur secara mendetail.
1.
Tag
Adalah kata yang
disematkan pada sebuah konten misalnya blog, book, work, social media.
2.
Digital Asset
Optimization
Apabila suatu
perusahaan sudah membuat banyak konten: power point, slideshow, grafik, webinar
dan video. Digital asset optimization adalah proses pengambilan konten digital
yang telah kita miliki dan proses peng-online nan nya di media social.
3.
Kontek organik
Pada dasarnya
ada dua cara untuk mengeposkan konten ke situs media bersama seperti youtube,
slideshares, flickr atau blog.
Youtube
Youtube
merupakan media paling popular untuk mengunggah video, youtube pertama kali
diluncurkan tahun 2005. Kita juga bisa mempunya akun youtube dan kita bisa
mengunggah videoyang kita miliki, kemudian di share ke situs media agar semua
pengguna dunia maya bisa melihatnya. Cara pembuatan media social ini sama
halnya dengan media social lain nya. Harus mencantumkan profil, foto dan data
pribadi.
Flickr
Sekarang
menjadi raja situs foto bersama moderndan ini sangat pas menggunakan DAO dengan
mengunggah gambar dan table serta foto foto jepretan. Seandainya kita berbisnis
pakaian maka kita bisa memposkan foto kita.
SlideShare
Adalah
situs media bersama yang memungkinkan kita mengunggah dan berbagi presentasi.
Presentasi diubah ke dalam YouTube-style flash widget yang dpat di embed.
F. BERITA SOSIAL DAN BOOKMARKING
Situs
berita social adalah situs yang memungkinkan para pengguna nya submit konten
konten dan melakukan voting untuk konten konten tersebut dari seluruh web.
Proses voting ini turut memilih tautan tautan yang paling menarik. Para pgawai
pemasaran mendapatkan banyak manfaat dari situs situs ini untuk membuat promosi
atau tulisan mereka menjadi buah bibir dan tersebar luas, tetapi pemasaran
langsung disitus situs berita social melempem.
Protocol
Situs
situs berita social terfokus pada pengiriman berita berita terbaru berdasarkan
pemungutan suara. Situs bookmarking membolehkan para penggunanya untuk
menyimpan tautan setelah mereka membaca nya. Jumlah simpanannya dihitung
sebagai jumlah suara dan tautan tautan yang paling popular ditampilkan. Semua
situs ini memiliki elemen elemen tertentu yang berguna bagi para pegawai
pemasaran. Bagian ini akan mengenalkan elemen elemen tersebut.
1.
Profil
2.
Submitting
3.
Voting
4.
Headline
5.
Linkerti
6.
Going
pop
7.
The
dig effect
8.
Timing
9.
Power
user
10.
Saling
tukar berita dan voting
Macam
macam konten
1.
List
2.
Breaking
news
3.
Game
4.
Kontroversi
5.
Video
dan foto
6.
Dig
7.
Reddit
8.
StumbleUpon
9.
Delicious
Situs
situs khusus
1.
Kirtsy
2.
Tip’d
3.
Sphinn
4.
Hacker
news
5.
Care2
G.
RATING DAN
REVIEW
Menurut
survey Nielsen Media Research pada April 2009, 70% pelanggan percaya pada
pendapat pendapat konsumen yang diposkan secara on-line, 62% percaya pada iklan
TV, 61% percaya pada iklan koran dan 59% percaya pada iklan majalah. Peretail
online raksasa, Amazon.com di luncurkan
pada 1994. Pada tahun berikutnya. Amazon menambahkan user review yang member
kesempatan kepada setiap orang untuk secara anonym memberikan ulasan terhadap
buku atau produk yang dipasarkan disitus tersebut.
Protocol
1.
Daftar
teratas
2.
Search
3.
Sock
puppet
4.
Respons
Selain
itu menyediakan post berupa:
1.
Yelp
a.
Membuka
akun pebisnis
b.
Tawaran
dan pengumuman
c.
Badge
dan stiker di website
d.
Elite
yelp squad
2.
Situs situs Lain
a.
Citysearch
b.
Superpages
c.
Insider
pages
d.
TripAdvisor
e.
Judy’s
book
H.
FORUM
Sebagai
jenis media social yang barangkali paling tua, forum merupakan community
bulletin board dalam versi modern. Focus situs ini adalah diskusi. Para
pengguna dapa mengeposkan kontenkesitus ini. Dan orang lain akan meresponnya.
Jadilah orang penting dan terhormat dari salastu komunitas dengan menjawab
pertanyaan pertanyaan dan memberikan informasi informasi yang berfaedah. Berbeda
dengan jenis jenis media social lainnya terdapat ribuan forum popular di web.
Yang masing masing mempunyai satu topikatau satu komunitas.
Protokol
Forum
merupakan salahsatu bentuk media social berbasis web yang paling tua, dan
setiap forum mempunyai budaya dan peraturan sendiri. Sebagian besar platform.
Forum menyediakan sejumlah fitur peranti lunak. Bagian ini akan memaparkan fitur
fitur tersebut.
1.
Frofil
2.
Lurking
Berarti menghabiskan banyak waktu
untuk membaca konten dan mengamati bagaimana cara kerja sebuah komunitas
sebelum bisa melihat didalamnya. Lurking merupakan tindakan yang bagus dan
pemilik biasanya menyarankan pengguna baru untuk lurking.
3.
Posting
4.
Thread
5.
Moderator
dan administrator.
6.
Signature
7.
Reputasi
8.
Pesan
tertutup
TIP
· Forum merupakan
tempat yang sangat tepat untuk membangun reputasi online dalam bidang tertentu.
· Lurk, lurk dan
lurk lebih banyak lagi kenalilah sebelum kita mengenal komunitas
· Berikanlah
sumbangan yang berharga jangan asal posting. Pemasaran yang langsung dan terang
terangan tidak akan berhasil.
· Jadilah bagian
dari komunitas jangan mengeposkan konten dan kemudian meninggalkannya begitu saja.
· Membuat forum
sendiri bisa jadi sangat bermanfaat, tetapi ini pekerjaan besar, maka pastikan
untuk terlebih dahulu menyeleseikan pekerjaan pekerjaan rumah anda.
I.
DUNIA VIRTUAL
Seperti
di pertontonkan oleh Science Fiction selama
berpuluh puluh tahun, dunia virtual mulai muncul dengan focus pada games dan
aktifitas social. Terdapat banyak games yang luar biasa terkenal, seperti World of Warcraft. Tetapi kemungkinan untuk
memasarkan produk dengan games-gmes ini sering kali sangat kecil.
Dunia
virtual menawarkan kesempatan untuk member audiens kita dengan pengalaman
pengalaman yang dahsyat. Maka kita harus meluangkan banyak waktu in-world untuk
memahami budaya yang ada seblum promosi, Second
Life adalah tempat yang paling rumit untuk mendukung program program
pemasaran. Ubah ubah dan ubahlah. Pastikan bahwa tanah, avatar, dan obyek obyek
yang dipilih mencerminkan anda, carilah kegiatan kegiatan in-world yang
berhasil diselenggarakan dan kemudian disponsori kegiatan kegiatan tersebut seperti
yang IBM lakukan dengan grup ballet pixelle.
J.
STRATEGI,
TAKTIK, DAN PRAKTIK
Kita
harus mengingat produk yang akan kita pasarkan, kenali pesaing dan tentukan
harga yang besaing pula, jang menggunakan trik trik pemasan yang offline kuno
di media social, semisal friendster, karena masyarakat sudah meninggalkan
social media tersebut.
Kita
harus memantau tentang perkataan orang di media social tentang barang yang kita
pasarkan dan harus terus memantau produk kita dan juga produk pesaing, dan
gunakan ongoing strategi untuk membangun reputasi lalu gunakan kampanye untuk
memberikan tawaran yang menarik, dan pemasaran lewat media social harus
beriringan dengan produk yang kita hasilkan, jangan pernah membohongi public
tentang produk yang belum jadi/masa produksi. Kita juga harus menggunakan CTA
untuk memberikan tawaran tawaran tertentu kepada para pengunjung situs anda.dan
arahkan pula ke tawaran tawaran lain di situs anda.
Mengukur Keberhasilan Pemasaran Di Media Sosial
Untuk
mengetahui keberhasilan bisnis dan return on investmen (ROI) pemasaran media
social, pengukuran yang efektif menjadi kuncinya, maka kita juga harus bisa
mengukur dan mengetahui hasil dari usaha yang sudah dilakukan. Maka diperlukan
riset demogradis untuk mengidentifikasi
situs situs social yang dipakai oleh pangsa pasar kita. Kita juga harus bisa
menetapkan tujuan tujuan dengan ukuran ukuran keberhasilan yang jelas.
1.
Metric
Adalah unit
untuk ukuran standart, kita mengukur tinggi badan dengan metric, dalam
pemasaran media social dibedakan menjadi 2 jenis metric, yaitu onsite dan
offsite.
2.
Merumuskan
tujuan
Rumuskan lah
tujuan tujuan yang bisa dicapai dan pastikan bagaimana cara kita dalam mengukur
tujuan tersebut. Pilihlah system analisis di wb yang gampang digunakan.
3.
Peranti lunak
Kita harus bisa mengukur ROI dengan setepat
tepatnya, jumlah penjualan yang sebenarnya atau closed lead merupakan ukuran
yang paling tepat, dan harus memfokuskan pada metric kedekatan hubungan bukan
pada kedekatan eyeball murni. Dan kita juga harus mengukur kinerja kita di
social media.
SUMBER :
THE SOCIAL MEDIA MARKETING BOOK, DAN ZARELLA
THE SOCIAL MEDIA MARKETING BOOK, DAN ZARELLA
bahasan yg menarik
BalasHapuspanjang lebar bahasannya
BalasHapus