Rabu, 17 Februari 2010

DEFINISI KOMUNIKASI

Sebagai makluk sosial kita hidup di dunia ini selalu berhubungan dengan orang lain. Di rumah enaknya ngapain ? ngobrol dengan Ibu , Bapak, saudara keponakan adik kakak nenek kakek semua yang menjadi anggota keluarga apalagi kalau ada hal yang seru untuk di bicarakan semangat banget semisal yang lagi hangat nih ngobrolin tentang situasi terakhir kasus situ gintung.

Pasti tertarik donk ngobrolin atau ngomongin bagiamana sebuah danau sebesar 21 hektar jebol dan airnya meluluh lantakkan apapun yang di sekitarnya tidak pandang bulu dari bayi sampai orang tua di hajar oleh keganasannya. Hal itu di sebut komunikasi : coba saya ambil pengertian komunikasi menurut wikipedia :"Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata (lisan) yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak.

Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masihdapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal". Dari pengertian ini bisa di coba dipilah ada apa aza sih di dalamnya yaitu : Proses penyampaian pesan. Pihak yang menyampaikan dan pihak yang menerima dari pada pesan.

Tujuannya untuk mempengaruhi di antara keduanya. Komunikasi bisa di bagi menjadi dua yaitu verbal ( kata – kata , lisan) dan Non Verbal ( gerak badan, kerlingan mata, senyuman, wajah angker ataupun pelototan mata).

Ternyata komunikasi itu adalah suatu proses yang menarik untuk di pelajari. Terkadang untuk berbicara dengan orang itu tidak mudah apalagi dia pimpinan atau orang yang mempunyai jabatan akan terasa sulit jangankan berbicara untuk bertemu aza sudah serem tetapi itu semua manusiawi kan. Dan bagaimana caranya agar bisa berkomunikasi yang baik , tidak serem ,tidak deg degan mengungkapkan pendapat dengan tenang ? banyak cara untuk melakukannya.

Faktor komunikasi memegang peranan penting bagaimana pembicaraan kita menjadi menarik dan nyaman. Hal yang perlu selalu di ingat bahwa komunikasi adalah proses penyampaian pesan, pada saat penyampaian pesan itu terkadang tidak selalu mulus atau ada gangguan semisal bahasa tidak jelas suara kurang keras atau malah tidak di mengerti sama sekali dengan adanya faktor deg – degan tadi, hal – hal seperti ini perlu di perhatikan trus di tambahkan juga dengan tatapan mata. Tatapan mata itu mengandung unsur penting kenapa dengan tatapan mata ini terlihat banyak makna di dalamnya.

Contoh kalau mata melotot bisa di artikan kaget takut atau malah marah atau terpesona. Dari tatapan mata ini kita mesti pintar menggunakanya semisal berbicara sesama teman dengan penuh pengertian dengarkan dengan baik perhatikan dengan penuh semangat berikan tanggapan ke teman kita ambil salah satu kata dari dia dan tanyakan maka teman kita akan merasa di perhatikan dan di dengarkan apa yang dia bicarakan maka komunikasi akan berjalan dengan baik dan menyenangkan. Inilah yang di sebut proses penyampaian pesan kalau pesan sudah di sampaikan dengan baik, jelas tidak ada gangguan selanjutnya adalah si penerima pesan akan merespon memberikan tanggapan seperti yang kita inginkan. Kalau di judul tulisan saya di atas ada pertanyaan
 
Komunikasi itu apa ?
Jadi komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari seseorang yang memberikan pesan ke seseorang yang menerima pesan dengan maksud untuk mendapatkan respon atau tanggapan. Satu definisi tentang komunikasi sudah di bahas selanjutnya dengan definisi dari sumber lain.Kata komunikasi atau communication dalam bahasa inggris berasal dari kata Latin communis yang berarti " sama" communico, communicatio, atau communicare yang berarti " membuat sama" ( to make common). Istilah (communis) adalah istilah yang paling sering di sebut sebagai asal – usul kata komunikasi, yang merupakan akar dari kata kata Latin yang mirip.

Komuniksi menyarankan bahwa suatu pikiran, suatu makna, atau suatu pesan di anut secara sama. Kata lain yang mirip adalah komunitas ( community) yang juga menekankan kebersamaan dan kesamaan. Komunitas berarti sekumpulan orang yang berkelompok atau hidup bersama untuk mencapai tujuan terntentu dan mereka berbagi makna dan sikap.

Misalkan kelompok partai politik, mereka biasanya menjadi setu kelompok besar yang bisa di sebut community. Di sekolah misalkan ada kelompok kelas satu atau kelompok anak kelas dua mereka bisa di sebut community sekolah dan lain sebagainya. Tanpa komunikasi tidak ada komunitas kenapa ? karena tanpa komunikasi komunitas tidak bisa berbagai pengalaman emosi bersama dan komunikasi menjelaskan adanya kebersamaan itu.
  1. Komunikasi : transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan, dan sebagainya, dengan menggunakan simbol – simbol kata-kata , gambar, figur grafik, dan sebagainya. Tindakan atau proses transmisi itulah yang biasanya di sebut komunikasi. ( Bernard Berelson dan Bary A,Stener)
  2. Setiap tindakan komunikasi di pandang sebagai suatu transmisi informasi terdiri dari rangsangan yang diskriminatif, dari sumber kepada penerima. ( Thedore M. Newcomb).
  3. Komunikasi adalah proses yang memungkinkan seseorang ( komunikator) menyampaikan rangsangan (biasanya lambang – lambang verbal) untuk mengubah perilaku orang lain (komunikate). ( Carl I. Hovland)
  4. Komunikasi terjadi ketika suatu sumber menyampaikan suatu pesan kepada penerima dengan niat yang di sadari untuk mempengaruhi perilaku penerima. ( Gerald R Miller)
  5. Komunikasi adalah proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka. ( Everett M. Rogers).
  6. Komunikasi  ( internasional) adalah suatu proses menyortir, memilih dan mengirimkan simbol – simbol sedemikia rupa sehingga membantu pendengar membangkitkan makna atau respons dari pikirannya yang serupa dengan yang di maksudkan komunikator. ( Raymond S. Ross)
  7. (Cara yang baik untuk menggambarkan komunikasi adalah dengan menjawab  pertanyaan – pertanyaan berikut) Who Says What In Which Channel To Whom With What Effect? Atau siapa mengatakan Apa Dengan Saluran Apa Kepada Siapa Dengan Pengaruh Bagaimana? ( Harold Lasswell)
Dari definisi-definisi di atas ternyata tidak hanya satu definisi yang memberi pengertian mengenai komunikasi tetapi bisa di ambil kesimpulan bahwa komunikasi mengandung unsur: Sumber (sources), pegirim (sender), penyandi (encoder), komunikator (communicator), pembicara (speaker). Menarik sekali untuk terus menggali tentang definisi komunikasi,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...