Jumat, 21 Mei 2010

DESKRIPSI MATA KULIAH PUBLIC RELATIONS

SEMESTER I

•Pendidikan Pancasila. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diajarkan mengenai kedudukan pancasila, pancasila sebagai suatu nilai etika, etika bangsa yang demokratis, demokrasi pancasila dan hal - hal yang berkaitan dengan pendidikan pancasila . Dengan mata kuliah ini diharapkan Mahasiswa dapat memiliki kemampuan mengambil sikap bertanggung jawab sesuai hati nurani, mampu mengenali masalah hidup, kesejahteraan dan cara pemecahannya, mampu mengenali perubahan dan perkembangan IPTEK dan mampu mengenali nilai – nilai budaya bangsa untuk menggalang persatuan Indonesia.

•Fotografi I & 2. Dalam dunia PR fotografi merupakan salah satu keahlian yang sangat berperan penting. Fotografi dibutuhkan dalam membuat sebuah dokumentasi, teknik pemotretan, pengambilan gambar, waktu, tempat, dan kualitas serta karakteristik kamera sangat berpengaruh pada nilai dari sebuah hasil akhir. Materi kuliah ini diajarkan dasar –dasar fotografi, dari pengenalan karakteristik kamera, tenik cara menggunakannya, cara mendapatkan hasil yang baik, memilih objek yang akan difoto dan evaluasi hasil akhir. Dalam mata kuliah fotografi ini lebih banyak melakukan praktek lapangan dengan objek sekitar yang telah ditentukan.

•Pengantar Ilmu Komunikasi. Mata kuliah yang mempelajari konsep dasar – dasar Ilmu komunikasi, yang meliputi definisi komunikasi, bentuk komunikasi, komponen konseptual definisi komunikasi, communication context, model communication. Dengan mempelajari mata kuliah ini mahasiswa dapat belajar bagaimana dapat menampilkan diri, dapat mengetahui tujuan berkomunikasi untuk dapat menghubungkan, untuk mempengaruhi,untuk bermain, untuk bantu komunikasi interpersonal, dan memungkinkan mahasiswa untuk belajar memahami kata eksternal dunia yang menjadi objek, event, dan orang lain.

•Dasar Manajemen. Mata kuliah ini memberikan konsep – konsep dasar manajemen yang mempelajari bagaimana cara untuk dapat mengatur, memanage, mengendalikan, mengawasi dan merencanakan rencana dalam suatu perusahaan atau lembaga. Dalam mata kuliah ini diajarkan definisi manajemen, controlling (pengawasan), manajemen konflik, actuating (penggerakan), konsep motivasi, prinsip – prinsip manajemen.

•Bahasa Inggris. Mata kuliah ini mahasiswa akan mendapatkan 3 tahapan, bahasa inggris basic, intermediate, advance. Yang dimana didalammya diajarkan listening, writing n speaking. Mata kuliah ini sangat penting bagi mahasiswa untuk berkomunikasi dan mempersiapkan menghadapi globalisasi dalam dunia kerja.

•Dasar Pemasaran. Mata kuliah ini memberikan konsep – konsep dasar pemasaran yang terutama meliputi konsep tentang perilaku konsumen, segmenting targeting positioning, 4P dan bagaimana merancang rencana pemasaran yang realistis.

•Aplikasi Komputer Perkantoran. Mata kuliah ini mempelajari dasar – dasar penggunaan komputer yang meliputi bagaimana membuat halaman, membuat kolom, menggunakan rumus, memasukan data ke dalam tabel, dengan menggunakan Microsoft word, Microsoft exel dan power point. Mata kuliah ini bermanfaat sebagai penunjang peran atau aktivitas seorang PR dalam sebuah perusahaan.

•Pengantar Public Relations. Mata kuliah ini memberikan konsep dasar pengantar PR yang meliputi konsep tentang definisi PR, fungsi PR, aktivitas PR, PR budgeting, manajemen reputasi, marketing mix, PR Plan.

•Olah Raga. Kegiatan dalam mata kuliah ini meliputi senam, lari, berenang. Diharapkan dengan mata kuliah ini mahasiswa dapat untuk selalu hidup sehat dan semangat dalam menjalani berbagai aktivitas.

SEMESTER II

•Desain Grafis I. Mata kuliah mempelajari bagaimana membuat brosur, leaflet, logo, poster, banner, komposisi, konsep dan membuat iklan baris / iklan kecik.

•Human Relations. Mata kuliah memberikan konsep dasar suatu bentuk pendekatan yang digunakan untuk dapat mengelola hubungan antar manusia dalam manajemen (organisasi) dengan menggunakan komunikasi persuasif. Mata kuliah ini juga mempelajari definisi human relations, bentuk – bentuk human relations, manajemen konlik, komunikasi kepemimpinan, tugas utama seorang PR, keberhasilan praktisi PR, orientasi hasil, peran dominan dan korelasi peran dominan praktisi PR.

•Analisa Publik. Mata kuliah ini memberikan konsep peran PR sebagai penentu ahli, fasilitator pemecahan masalah, teknisi komunikasi.

•Public Speaking. Mata kuliah yang memberikan konsep – konsep dasar kemampuan berkomunikasi secara kredibel, percaya diri, serta menyakinkan, penampilan / penyampaian yang sistematis, menarik dan komunikatif. Dalam mata kuliah ini diajarkan macam - macam pidato menurut teknik dan tujuannya, merancang informasi utama / topik untuk pidato,

•Komunikasi Organisasi. Mata kuliah ini memberikan konsep komunikasi yang dilakukan dalam sutau organisasi baik internal maupun eksternal yang meliputi konsep dasar tentang definisi organisasi, teknik mendengarkan, berbicara, menulis, rapat, aktifitas komunikasi, bentuk – bentuk komunikasi, norma profesi, konflik.

•Dasar – dasar Jurnalistik. Mata kuliah ini memberikan konsep – konsep dasar tentang keahlian dan profesi jurnalisme yang meliputi tentang definisi dasar jurnalistik, media massa, dan cara menulis berita. Materi yang diajarkan meliputi konsep dasar jurnalistik, jenis – jenis jurnalisme, media massa, struktur penulisan berita, nilai berita, kebebasan pers, dan kode etik jurnalisme.

•Statistik. Mata kuliah ini memberikan konsep mengenai teknik mengumpulkan, mengolah, menyajikan data, yang diperoleh dari angka – angka untuk dapat membuat suatu keputusan / kebijakan. Materi yang diajarkan meliputi karakteristik statistik, penyajian data, mengelompokan data, dan membaca tabel.

•Pengembang Kepribadian. Mata kuliah ini memberikan konsep mengembangkan kepribadian yang dimiliki untuk menjadi pribadi yang baik. Materi yang diajarkan meliputi motivasi persiapan kerja, mengenal diri sendiri, kepribadian (penampilan, sifat karakter, sikap perilaku, pola pemikiran, komunikasi,) kepribadian yang perlu dijaga dan diperhatikan. Dalam mata kuliah ini juga akan memberikan praktek “Table manner” yang bekerjasama dengan salah satu hotel di Semarang.

SEMESTER III

•Public Affair. Mata kuliah ini memberikan konsep – konsep dasar praktek hubungan masyarakat yang merujuk pada bagian khusus dari hubungan masyarakat yang membangun dan mempertahankan hubungan pemerintah dan komunitas lokal, untuk mempengaruhi kebijakan publik / publik yang mempengaruhi kebijakan tersebut. Konsep dasar ini meliputi Manajamen Isu, PR sebagai koalisi dominan. Mahasiswa dapat menjadi spesialis Public Affair yang berfungsi sebagai penghubung dengan unit – unit pemerintah, menerapkan program pengembangan komunitas, memberi kontribusi pada kampanye, serta memberi layanan suka rela bagi organisasi – organisasi social dan pengembangan komunitas.

•Manajemen PR. Mata kuliah ini memberikan konsep – konsep dasar mengenai menerapkan fungsi – fungsi manajemen dibidang humas dengan mengetahui situasi pasti dan kondisi dan kemudian merekomendasikan solusi serta menyajikan informasi sistematis tentang situasi dan asumsi dari public dan konsekuensinya. Materi yang diajarkan meliputi definisi manajamen, fight finding, defining problem, fungsi – fungsi manajemen, research.

•Penulisan Naskah Kehumasan.

•Media Relations. Mata kuliah ini memberikan konsep – konsep dasar dan dirancang untuk mengetahui aktivitas – aktivitas praktis yang dilakukan oleh PR Officer / Praktisi PR dalam mengembangkan dan memelihara hubungan baik dengan organisasi – organisasi media. Materi yang diajarkan meliputi konsep dasar media relations, menjalin hubungan dengan media, efektivitas media relations, strategi media relations, media relations dan manajemen reputasi, dan media relations pada saat krisis.
•Desain Grafis 2.

•Komunikasi Pemasaran Terpadu. Mata kuliah ini memberikan konsep – konsep dasar mengenai proses pengembangan dan implementasi berbagai bentuk program komunikasi persuasive kepada pelanggan dan calon pelanggan secara berkelanjutan. Materi yang diajarkan meliputi indentifikasi segmentasi dan perilaku konsumen, marketing communications plan, periklanan, kerangka strategi komunikasi serta praktek kampanye.

•Pendidikan Kewarganegaraan. Mata kuliah ini memberikan pengetahuan politis tentang kebijakan – kebijakan Negara yang berisi tentang filsafat pancasila, indentitas nasional, demokrasi, Rule of law, Geopolitic dan geostrategic. Mata kuliah ini bertujan agar mahasiswa dapat memahami, menguasai, memiliki sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai – nilai kejuangan, cinta tanah air, rela berkorban serta melaksanakan hak dan kewajiban secara santun, jujur, demokratis dan ikhlas sebagai warga Negara Indonesia terdidik dan bertanggung jawab.

•Produksi Media Audio. Mata kuliah ini mendiskusikan mengenai materi – materi audio, yang dikaitkan dari outcome media yang ada di Indonesia yaitu radio dan diharapkan mahasiswa dapat menjawab kebutuhan dari lembaga penyiaran mengenai bagaimana cara memenuhi karakter dari media hiburan, pendidikan, informasi yang diukur dari outcomenya. Materi yang didiskusikan meliputi karakter radio, progaming (element acara, segmentasi, sasaran pendengar, dan bagaimana cara menyajikan talkshow) dan bentuk akhir dari mata kuliah ini menyajikan sebuah program acara radio / praktek.

•Pendidikan Agama. Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang agama agar mahasiswa dapat mengerti, memahami diri sendiri dalam membentuk jati diri, mengetahui tujuan hidup, makna hidup, hakekat hidup, menjaga kehormatan diri untuk menjadi mahasiswa ideal yang beragama.

SEMESTER IV

•Komunikasi Massa. Mata kuliah ini memberikan konsep – konsep dasar sejauh mana PR menggunakan media massa dalam menjalankan fungsinya serta bagaimana memaksimalkan media massa. Materi yang dipelajari tentang pengertian proses komunikasi media massa, komponen media massa dan bagaimana cara kerja media massa.

•Produksi Media Audio Visual. Mata kuliah ini membahas materi tentang kegiatan melakukan produksi media audio visual dari pra produksi sampai pascaproduksi yang berhubungan dengan kegiatan PR. Materi yang diajarkan diantaranya pengenalan kamera video, teknik pengambilan gambar, penataan cahaya dan editing. Bentuk akhir dari mata kuliah ini menyajikan sebuah video dokumentasi yang dapat berupa Company Profile.
•Kewirausahaan.

•Media Internal Perusahaan. Mata kuliah ini memberikan konsep – konsep dasar dan dirancang untuk memberikan pemahaman tentang bagaimana menjalin kegiatan komunikasi diperusahaan, baik hubungan yang bersifat makro atau mikro pada akhirnya mahasiswa mampu menghasilkan satu media internal yang sesuai bagi upaya membangun komunikasi perusahaan yang pada akhirnya akan tercipta situasi komunikasi yang komunikatif baik dari manajemen segenap potensi dalam perusahaan serta sebaliknya.

•Issue & Crisis Management. Mata kuliah ini memberikan konsep - konsep menyelesaiakan isu ketika nanti mahasiswa terjun dibidang pekerjaan dapat menyelesaikan masalah yang timbul dengan tahap – tahap solusi yang bisa untuk kerangka pemecahan masalah. Terutama dalam tahap indentifikasi isu, memanage isu agar isu tidak berkembang, jika dibiarkan isu bisa menjadi ancaman bagi perusahaan.-TB-

•Etika Humas. Mata kuliah ini memberikan konsep mengenai arti penting etika dalam public relations yang berfungsi untuk memandu, mengarahkan, tingkah laku seseorang dari sisi baik/buruk, bagaimana seharusnya bertindak yang sesuai dengan norma sosial, dan menjaga integritas/martabat dan pribadi profesionalisme. Mata kuliah ini mempelajari karateristik etik, integritas profesi PR, kode etik humas, kode etik penerangan.

•Produksi Media Cetak. Mata kuliah ini mempelajari tentang dasar - dasar teori produksi media cetak dari surat kabar atau majalah, memahami fungsi media massa cetak. Tujuan dari mata kuliah ini agar mahasiswa dapat mempraktekkannya membuat media tersebut dan berguna untuk praktek PR dalam dunia kerja nanti. Materi yang dipelajari antara lain teori jurnalistik, penulisan berita, industry media massa cetak, pengaruh media massa cetak, dan diakhir semester mahasiswa membuat press release dan surat kabar/majalah.

•Lobby & Negosiasi. Mata kuliah ini memberikan konsep tentang sebuah proses komunikasi yang melibatkan pihak – pihak untuk mencapai kata sepakat dengan saling menukar sesuatu yang diinginkan pihak lain melalui proses tawar menawar, serta konsep komunikasi antar pribadi dalam situasi non formal untuk lebih mendekatkan pihak – pihak yang terlibat secara personal. Materi yang diajarkan meliputi merencanakan negosiasi melalui persiapan proposal, teori komunikasi, praktek negosiasi dan praktek lapangan.
•Riset Kehumasan.

SEMESTER V

•Kapita Selekta. Mata kuliah ini bertujuan melatih, memberi pemahaman dan membiasakan mahasiswa untuk menjadi profesional - pribadi starter , penuh inisiatif, kreatif sebagai pengelola program PR, Menjadi partner strategis / bisnis bagi manajemen untuk pengambilan keputusan yang tepat guna pengembangan bisnis dan menjadi figur PR beretika, memiliki integritas bermartabat – Good Citizen. Topik teori yang dibahas CSR/Corporate Social Responsibili, CRP/Consumer Respons Program, CMT/Crisis Management Team, ProsDem/Problem Solving Decision Makin, Komunikasi Asertif, Dan topik lain yang update sangat diperlukan bagi seorang PR Profesional .

•Teknik Periklanan. Mata kuliah ini memberikan konsep – konsep dasar tentang fungsi pemasaran dan evolusi di bidang periklanan, perencanaan media periklanan dan perencanaan kreatif, karakteristik media periklanan, soft campaign dan strategi positioning, riset periklanan, praktik membuat jingle iklan radio, praktik membuat iklan televisi 80 % mahasiswa akan dapat menganalisis persoalan didunia periklanan baik secara teoritis maupun praktis.

•PR Campaign. Mata kuliah ini memberikan konsep – konsep dasar Public Relations Campaign yang akan membantu mahasiswa dalam merencanakan dan melaksakan program kampanye secara menyeluruh, mulai dari desain program, eksekusi, sampai dengan evaluasi akhir. Pengetahuan konsep ini meliputi, pengertian dan karakteristik kampanye Public Relations, penentuan isu, analisis situasi, penetuan tujuan, strategi dan taktik; perencanaan program, monitoring; dan evaluasi. Mahasiswa akan melaksanakan atau mengeksekusi program kampanye yang sudah selesai didesain, pelaksanaan evaluasi dan presentasi hasil seluruh kegiatan dan diakhiri dengan melakukan kegiatan monitoring terhadap segala pencapaian dan kendala pelaksaan program.

•Event Management. 

SEMESTER VI

•KKP.
•TA / Project

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...