Sabtu, 11 Desember 2010

FIXER PENERATAS INFORMASI PARA WARTAWAN

Fixer adalah seseorang yang menawarkan bantuan kepada wartawan asing yang mencoba untuk mendapatkan sebuah berita. Fixer menggunakan  pengalaman didaerahnya dan menjalin kontak yang continue untuk memuluskan jalan dengan media yang menjadikan dia sebagai kolumnis mereka, sehingga dia menerima bayaran mahal, terutama bila dibandingkan dengan upah secara lokal yang diberikannya. Untuk wartawan perjalanan, fixer sangat penting sekali, karena tanpa fixer mereka  sangat sulit untuk mendapatkan cerita atau berita local serta berhubungan dengan orang-orang suatu negara.

LAYANAN yang ditawarkan oleh fixer cukup beragam. Minimal, fixer bisa mengatur transportasi, akomodasi, dan makanan, serta  menggunakan koneksi lokal untuk menyelidiki para tokoh setempat. Para fixer  juga menerjemahkan, atau menemukan seseorang penerjemah yang berbahasa dialek jelas, dan mereka bekerja untuk mengatur wawancara dan kunjungan ke berbagai tempat  untuk media  mereka. Jika fixer tidak tersedia, para wartawan mungkin berjuang untuk mendapatkan informasi yang dia butuhkan, walaupun dalam kondisi sangat membahayakan keselamatan jiwanya yang diakibatkan mereka tak memiliki panduan budaya.

 
Bekerja sebagai fixer juga sangat berbahaya. Mereka terkadang dianggap intel musuh karena kerjasama dengan wartawan, dan ini dapat mengakibatkan dapat  pembalasan di komunitas mereka. Seperti banyak wartawan mengakui, setelah mereka mendapatkan berita yang diinginkan, mereka biasanya pergi, tetapi fixer  tinggal di belakang. Di beberapa daerah di dunia, kasus penculikan, pembunuhan, dan pemerasan terhadap fixer telah didokumentasikan, dan dalam beberapa kasus, mereka diculik sebagai alat untuk memaksa kru berita untuk meninggalkan negaranya.

 
Beberapa upaya telah dilakukan untuk melindungi para fixers, sebagai wartawan mengakui pentingnya para fixer yang baik dan ingin dapat bekerja dengan mereka lagi. Jurnalis cenderung untuk bertukar informasi satu sama lainnya dan para fixer-lah orang-orang terbaik yang bisa membantu para jurnalis dan ada tren yang sedang berkembang menuju menghormati pendapat dan masukan dari pemecah masalah banyak lagi. Sebagai contoh, ketika fixer mengatakan bahwa daerah itu tidak aman untuk dikunjungi, para wartawan biasanya mencari cara lain untuk mendapatkan berita, dan sangat bertentangan ketika para wartawan  bersikeras melakukan perjalanan tetap.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...