Kamis, 18 November 2010

PERAN LAIN DARI PUBLIC RELATIONS

Tujuan utama dari sebuah departemen PR adalah untuk meningkatkan reputasi perusahaan. Staf yang bekerja yang  berhubungan dengan publik, atau  yang biasa umumnya dikenal sebagai Public Relations adalah publisis terampil.  Mereka dapat menpublikasikan nama perusahaan atau individu untuk untuk penciptaan image terbaik. Peran departemen PR dapat dilihat sebagai pelindung reputasi.

Dunia bisnis saat ini sangat kompetitif. Perusahaan perlu memiliki strategi  yang membuat mereka berdiri kokoh didepan publik konsumennya, sesuatu yang membuat mereka jauh lebih menarik, baik bagi masyarakat maupun media disekelelingnya. Publik yang dimaksud disini adalah para customer produk dan media yang bertanggung jawab untuk menjualnya.  Public relations menyediakan pelayanan terhadap perusahaan untuk membantu memberikan pemahaman yang positif terhadap masyarakat dan media tentang bagaimana perusahaan bekerja.

Dalam sebuah perusahaan, hubungan masyarakat juga dapat berhubngan dengan informasi publik atau hubungan pelanggan. Departemen ini membantu pelanggan jika mereka memiliki masalah dengan perusahaan. selain membantu, dengan menunjukkan perusahaan terbaik mereka.

PR juga membantu perusahaan untuk meningkatkan  potensi yang dimilikinya. Mereka memberikan umpan balik kepada perusahaan dari hasil pendapat dan tanggapan masyarakat baik terhadap produk maupun terhadap potensi perusahaan. Namun terkdang masrakat salah mempersepsikan  tentang  PR sebagai sekelompok orang memanfaatkan berbbagai  situasi yang buruk yang nantinya digunakan untuk  keuntungan perusahaan. Memang benar bahwa bagian dari tujuan PR adalah untuk menunjukkan perusahaan brand image yang positif apapun yang terjadi.

Ada beberapa PR ahli di perusahaan bisa berpindah profesi dari departemen satu ke departemen lainnya, seibarat kutu loncat dan Publik sering menganggap PR sebagai pekerjaan glamor. PR orang tampaknya telah tercipta dalam sebuah  jaringan yang sangat luas dibandingkan para manajer lainnya untuk menemukan kontak baru bagi pribadinya. Kenyataannya biasanya melalui pengalaman kerja dan kerja keras untuk siapa pun yang terlibat dalam hubungan masyarakat.

Ada keterampilan tertentu yang diperlukan untuk bekerja di dunia PR. Hal ini termasuk keterampilan tingkat  tinggi yaitu keterampilan komunikasi, verbal dan tertulis. Orang PR juga harus sangat mahir multitasking dan manajemen waktu. Dia juga mungkin memiliki beberapa bentuk latar belakang media atau pelatihan dalam rangka memahami bagaimana media dan bekerja periklanan. Organisasi dan keterampilan perencanaan juga sangat penting dipahami dalam hubungan publik ini . Pekerja PR juga harus mampu mengatasi berbabagi macam permasalahan dan biasanya bekerja di bawah tekanan. Selain itu, harus memiliki kemampuan untuk mengatasi rentetan pertanyaan dari media dan publik. Jika sebuah perusahaan berada di bawah serangan kritikal, itu adalah departemen PR yang harus mengambil alih situasi. Mereka efektif harus menjawab kritik dan memutarnya untuk melindungi reputasi perusahaan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...