Membuat
rencana public relations membutuhkan waktu, pengetahuan, dan pemahaman
tentang perusahaan, kebutuhan dan keinginan klien. Berikut
adalah beberapa langkah untuk memastikan Anda untuk memenuhi
keinginan dan kebutuhan dalam proses pembuatan rencana serta Anda
bisa membuat rencana yang relevan dan berguna untuk perusahaan Anda atau
klien.
Ketahui perusahaan Anda atau situasi klien saat ini . Hal
ini penting untuk mengetahui di mana perusahaan sekarang berdiri, di
mana perusahaan mampu untuk pergi, apa yang pasar perusahaan / industri
tampak seperti, dan apa arah perusahaan yang dipimpin. Hal ini membantu untuk meletakkan segala sesuatu dalam perspektif.
Ketahui sumber daya Anda. Ini
bisa menjadi bagian dari langkah pertama, karena merupakan bagian dari
analisis situasional diperlukan untuk memahami di mana perusahaan Anda
atau klien saat ini berdiri. Hal
ini dapat membantu Anda lebih baik membangun taktik dan strategi sambil
mempertimbangkan anggaran, waktu, dan keterbatasan sumber daya lain
perusahaan atau klien mungkin.
Ketahui tujuan dan sasaran anda. Juga penting untuk rencana PR mengalami kesuksesan, Anda harus tahu di mana perusahaan berharap untuk pergi. Seperti
mengemudi tanpa arah, rencana PR tanpa gol atau tujuan adalah tindakan
tanpa tujuan yang tidak memiliki pengetahuan tentang apa yang bisa
datang, atau bahkan apa hasil yang diinginkan. Pastikan
bahwa tujuan rencana PR sejalan dengan seluruh tujuan perusahaan secara
keseluruhan, dan memastikan bahwa mereka jelas bagi semua yang
terlibat.
Ketahui dan tentukan target pemirsa Anda. Ini berarti bahwa Anda telah menetapkan sasaran pembeli Anda dan media sasaran khalayak. Setiap penonton akan membutuhkan pesan yang berbeda dan pendekatan yang berbeda. Mengetahui
penonton akan membantu Anda untuk membingkai strategi dan taktik
sehingga Anda dapat secara efektif menjangkau orang yang Anda berharap
untuk mencapai.
Inventarisir pesan dan strategi yang akan Anda gunakan untuk menjangkau audiens target Anda . Hal
ini harus sejalan dengan tujuan dan sasaran yang tercantum sebelumnya,
jika mereka tidak, rencana tersebut sudah dimulai dengan awal yang agak
buruk. Ketahuilah
bahwa strategi Anda dan pesan juga harus berhubungan satu sama lain,
jika tidak ada beberapa putuskan terjadi yang perlu ditangani.
Tentukan taktik yang akan Anda gunakan untuk membuat strategi yang anda daftar kan sesuai dengan kenyataan. Taktik ini akan mengambil pesan dan strategi yang terdaftar dan membuatnya terjadi. Jika,
misalnya, strategi adalah untuk meningkatkan kesadaran merek
perusahaan, taktik bisa termasuk penjangkauan masyarakat, sosial
penggunaan media, konferensi pers, dll Ada pertama perlu menjadi
strategi yang ditetapkan sebelum taktik dapat diatasi dan ditugaskan
untuk pesan.
Buat Timeline untuk implementasi. Hal ini perlu bersikap realistis tetapi juga menantang. Ingat
bahwa tidak boleh ada penyimpangan dalam rencana PR di mana siaran pers
yang dikirim keluar, peristiwa sedang berlangsung, atau media yang
terlibat. Perlu
ada pengingat kepada publik bahwa perusahaan masih hidup dan sehat, dan
itu dapat dilakukan dengan konstan informasi yang dikirim keluar.
Delegasi
kewajiban dan tanggung jawab kepada tim Anda atau tim klien Anda untuk
memastikan semua bagian dari rencana PR selesai. Hal
ini membantu untuk memastikan bahwa semua orang di kapal dan semua
orang yang tahu tanggung jawab mereka sendiri dan kewajiban. Ini sangat penting untuk melihat rencana PR datang ke hasil. Langkah
ini harus dilakukan dengan semua orang yang terlibat sehingga tidak ada
yang merasa kewalahan, ditinggalkan, atau diberi tanggung jawab terlalu
banyak. Ini
juga dapat membantu untuk memberikan semua orang rasa tanggung jawab
sejak rencana itu dibuat dengan semua orang bersama-sama dan mengatakan
tidak hanya satu orang.
Buat pengukuran hasil / sukses. Untuk mengetahui apakah rencana Anda efektif, membuat pengukuran dan benchmark bagi Anda menerapkan taktik. Ini adalah tempat untuk tim PR untuk mengukur keberhasilan rencana tersebut dan untuk melihat apakah tujuan itu realistis. Membuat
pengukuran juga dapat membantu untuk menunjukkan apa yang bisa
dilakukan dengan keahlian dan estimasi dari sebuah perusahaan PR atau
tim.
Review setelah implementasi rencana dan kesimpulan dari rencana. Ini
adalah waktu ketika semua yang membantu untuk membuat dan
membawa-rencana tersebut dapat berkumpul dan berbagi pemikiran mereka
pada apa yang berjalan baik, apa yang tidak berjalan dengan baik, dan
apa yang bisa dilakukan secara berbeda di masa depan. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan bahwa rencana masa depan memiliki kesempatan untuk sukses. Langkah
ini dapat membantu untuk mendorong anggota kelompok untuk terus bekerja
untuk kesuksesan perusahaan dengan memberikan semua orang kesempatan
untuk berbicara dan memberikan kontribusi pada perencanaan berikutnya.
Kunci
untuk diingat saat membuat rencana PR adalah bahwa semua rencana akan
menjadi unik dan berbeda untuk setiap perusahaan, dan bahkan dalam
perusahaan yang sama, mereka akan berbeda untuk setiap program tujuan /
gol. Kerjakan
pekerjaan rumah Anda sebelum membuat rencana, dan pastikan bahwa Anda
bekerja sama dengan perusahaan atau klien untuk membuat rencana sukses.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar