Selasa, 15 Mei 2012

10 Tahapan Kreatif Perencanaan PR yang Sukses

Membuat rencana public relations membutuhkan waktu, pengetahuan, dan pemahaman tentang perusahaan,  kebutuhan dan keinginan klien. Berikut adalah beberapa langkah untuk memastikan Anda  untuk memenuhi  keinginan dan kebutuhan dalam proses pembuatan rencana serta Anda bisa membuat rencana yang relevan dan berguna untuk perusahaan Anda atau klien.

   
Ketahui perusahaan Anda atau situasi klien saat ini . Hal ini penting untuk mengetahui di mana perusahaan sekarang berdiri, di mana perusahaan mampu untuk pergi, apa yang pasar perusahaan / industri tampak seperti, dan apa arah perusahaan yang dipimpin. Hal ini membantu untuk meletakkan segala sesuatu dalam perspektif.

   
Ketahui  sumber daya Anda. Ini bisa menjadi bagian dari langkah pertama, karena merupakan bagian dari analisis situasional diperlukan untuk memahami di mana perusahaan Anda atau klien saat ini berdiri. Hal ini dapat membantu Anda lebih baik membangun taktik dan strategi sambil mempertimbangkan anggaran, waktu, dan keterbatasan sumber daya lain perusahaan atau klien mungkin.

   
Ketahui tujuan dan sasaran anda. Juga penting untuk rencana PR mengalami kesuksesan, Anda harus tahu di mana perusahaan berharap untuk pergi. Seperti mengemudi tanpa arah, rencana PR tanpa gol atau tujuan adalah tindakan tanpa tujuan yang tidak memiliki pengetahuan tentang apa yang bisa datang, atau bahkan apa hasil yang diinginkan. Pastikan bahwa tujuan rencana PR sejalan dengan seluruh tujuan perusahaan secara keseluruhan, dan memastikan bahwa mereka jelas bagi semua yang terlibat.

   
Ketahui dan tentukan target pemirsa Anda. Ini berarti bahwa Anda telah menetapkan sasaran pembeli Anda dan media sasaran khalayak. Setiap penonton akan membutuhkan pesan yang berbeda dan pendekatan yang berbeda. Mengetahui penonton akan membantu Anda untuk membingkai strategi dan taktik sehingga Anda dapat secara efektif menjangkau orang yang Anda berharap untuk mencapai.

   
Inventarisir pesan dan strategi yang akan Anda gunakan untuk menjangkau audiens target Anda . Hal ini harus sejalan dengan tujuan dan sasaran yang tercantum sebelumnya, jika mereka tidak, rencana tersebut sudah dimulai dengan awal yang agak buruk. Ketahuilah bahwa strategi Anda dan pesan juga harus berhubungan satu sama lain, jika tidak ada beberapa putuskan terjadi yang perlu ditangani.

   
Tentukan taktik yang akan Anda gunakan untuk membuat strategi yang  anda daftar kan sesuai dengan kenyataan. Taktik ini akan mengambil pesan dan strategi yang terdaftar dan membuatnya terjadi. Jika, misalnya, strategi adalah untuk meningkatkan kesadaran merek perusahaan, taktik bisa termasuk penjangkauan masyarakat, sosial penggunaan media, konferensi pers, dll Ada pertama perlu menjadi strategi yang ditetapkan sebelum taktik dapat diatasi dan ditugaskan untuk pesan.

    
Buat Timeline  untuk implementasi. Hal ini perlu bersikap realistis tetapi juga menantang. Ingat bahwa tidak boleh ada penyimpangan dalam rencana PR di mana siaran pers yang dikirim keluar, peristiwa sedang berlangsung, atau media yang terlibat. Perlu ada pengingat kepada publik bahwa perusahaan masih hidup dan sehat, dan itu dapat dilakukan dengan konstan informasi yang dikirim keluar.

    
Delegasi kewajiban dan tanggung jawab kepada tim Anda atau tim klien Anda untuk memastikan semua bagian dari rencana PR selesai. Hal ini membantu untuk memastikan bahwa semua orang di kapal dan semua orang yang tahu tanggung jawab mereka sendiri dan kewajiban. Ini sangat penting untuk melihat rencana PR datang ke hasil. Langkah ini harus dilakukan dengan semua orang yang terlibat sehingga tidak ada yang merasa kewalahan, ditinggalkan, atau diberi tanggung jawab terlalu banyak. Ini juga dapat membantu untuk memberikan semua orang rasa tanggung jawab sejak rencana itu dibuat dengan semua orang bersama-sama dan mengatakan tidak hanya satu orang.

    
Buat pengukuran hasil / sukses. Untuk mengetahui apakah rencana Anda efektif, membuat pengukuran dan benchmark bagi Anda menerapkan taktik. Ini adalah tempat untuk tim PR untuk mengukur keberhasilan rencana tersebut dan untuk melihat apakah tujuan itu realistis. Membuat pengukuran juga dapat membantu untuk menunjukkan apa yang bisa dilakukan dengan keahlian dan estimasi dari sebuah perusahaan PR atau tim.

    
Review setelah implementasi rencana dan kesimpulan dari rencana. Ini adalah waktu ketika semua yang membantu untuk membuat dan membawa-rencana tersebut dapat berkumpul dan berbagi pemikiran mereka pada apa yang berjalan baik, apa yang tidak berjalan dengan baik, dan apa yang bisa dilakukan secara berbeda di masa depan. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan bahwa rencana masa depan memiliki kesempatan untuk sukses. Langkah ini dapat membantu untuk mendorong anggota kelompok untuk terus bekerja untuk kesuksesan perusahaan dengan memberikan semua orang kesempatan untuk berbicara dan memberikan kontribusi pada perencanaan berikutnya.
Kunci untuk diingat saat membuat rencana PR adalah bahwa semua rencana akan menjadi unik dan berbeda untuk setiap perusahaan, dan bahkan dalam perusahaan yang sama, mereka akan berbeda untuk setiap program tujuan / gol. Kerjakan pekerjaan rumah Anda sebelum membuat rencana, dan pastikan bahwa Anda bekerja sama dengan perusahaan atau klien untuk membuat rencana sukses.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...