Jumat, 22 Januari 2016

ANALYSIS IKLAN TOP COFFEE SLOGAN: “BONGKAR KEBIASAAN LAMA ORANG INDONESIA PERLU YANG TOP”




Persaingan dalam dunia usaha tampak kian gencar seiring dengan tumbuhnya perekonomian. Kalangan produsen saling memperebutkan perhatian calon konsumen, salah satunya  dengan memanfaatkan iklan secara optimal. Hal ini dapat dilihat dengan maraknya iklan yang bertebaran di media cetak dan elektronik, serta di pusat–pusat keramaian dan di tepi jalan-jalan raya. Iklan boleh dikatakan telah menjadi bagian dari kehidupan sehari- hari yang kehadirannya nyaris tak pernah disadari.

Dewasa ini, konsumen semakin selektif dalam pemilihan produk untuk digunakan. Hal ini disebabkan oleh perkembangan arus informasi yang sangat cepat dan didukung  dengan keberadaan teknologi sehingga konsumen dapat menyerap informasi serta pengetahuan tentang keberadaan suatu produk dengan cepat. Strategi yang harus dilakukan perusahaan untuk memberikan informasi kepada konsumen adalah dengan melalui media periklanan. Produk-produk yang padat iklan merupakan produk yang mengandung tingkat persaingan yang ketat. Pada saat ini iklan telah dipandang sebagai sumber informasi, hiburan, dan media komunikasi bisnis yang efektif dan ampuh. Tujuan evaluasi periklanan adalah untuk mengetahui dampak komunikasi menyeluruh atas kampanye iklan yang telah dilaksanakan, sampai seberapa jauh kampanye iklan dapat meningkatkan kesadaran merek, pemahaman merek dan preferensi merek. evaluasi terhadap periklanan sangat penting artinya bagi penilaian terhadap efektivitas promosi secara keseluruhan.

Dalam memasarkan dan mengkomunikasikan suatu produk sangat diperlukan konsep bauran pemasaran (marketing mix) yang lebih dikenal dengan 4P terdiri dari produk (product), harga (price), promosi(promotion), dan distribusi (place). Tetapi  perusahaan tidak hanya melakukan pengembangan strategi bauran pemasaran, melainkan juga pengembangan suatu program komunikasi yang efektif dengan para pelanggan atau yang disebut dengan bauran promosi. Bauran promosi (promotion mix) sendiri terdiri dari lima alat yaitu sales promotion, advertising, personal selling, public relation, dan direct marketing.
             
Tingginya minat orang Indonesia untuk minum kopi ternyata menarik sejumlah perusahaan untuk menciptakan produk inovatif berbahan dasar kopi, maka Wings Food yang merupakan perusahaan fast moving consumer goods  meluncurkan kopi instan bernama “Top Coffee”. Dalam memasarkan produk Top Coffee tersebut, Wings Food menciptakan berbagai bentuk, warna, rasa, aroma, yang dapat menarik perhatian konsumen dalam melakukan proses pengambilan keputusan pembelian produk Top Coffee.

Untuk mengetahui dampak komunikasi yang menyeluruh atas kampanye iklan yang telah dilaksanakan dan seberapa jauh iklan tersebut efektif dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, maka suatu periklanan tersebut perlu dinilai keefektifannya. Iklan yang dilakukan oleh Wings Food khususnya produk Top Coffee ini sangat menarik, dengan adanya gambar, tulisan, dan slogan “bongkar kebiasaan lama orang indonesia perlu yang top” dan dibintangi oleh Iwan Fals, Samuel Zylgwyn dan Nikita Willy.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...