Jumat, 04 April 2014

PENGENALAN MEDIA SOSIAL



A.       PENDAHULUAN
Dewasa ini pendidikan semakin maju, kesadaran akan pendidikan makin membuka fikiran setiap orang, sehingga terjadilah lapangan pekerjaan terisi penuh dengan sarjana sarjana dan berdampak pada melonjaknya para lulusan yang berkualitas sesuai dengan bidangnya sehingga menggeser para pekerja yang lama dengan lulusan baru. Maka terjadilah banyak pengangguran, sehingga mereka berinisiatif untuk membuka bisnis. Mereka tidak akan kesulitan untuk mempromosikan barang yang mereka bisniskan, dengan ada nya social media seperti facebook, twitter dll. Sehingga disebutlah pemasaran media, karena mereka tak perlu lagi membayar sewa iklan melalui radio, televise atau bahkan bill board.

Apa itu pemasaran Media Sosial?
Media social mempunyai berbagai bentuk yaitu berbrntuk visual ataupun audiovisual. contoh yang berbentuk visual adalah koran, majalah dll, sedangkan audiovisual yaitu melalui radio, televise dll. Seiring berjalan nya waktu para pembisinis memasarkan produknya melalui twitter, facebook, youtube, blog dll.

Merek besar dan media social
IBM memiliki 100 blog yang berbeda, Burger King bisa menjadi trending topic iklan di youtube, atau peusahaan sebesar iphone makin besar dengan iklan nya di youtube, dimana pada saat ini hampir setiap orang menggunakan internet dan mereka bisa sepuasnya membuka dunia maya.

Bisnis Kecil dan Media Sosial
 Seperti terindikasi dari uraian di atas, media social menjadi sebuah equalizer yang dahsyat. Perusahaan perusahaan besar dapat di saingi tanpa modal besar, kalo anda pernah membaca kisah nya Pecel Lele Lela yang besar berkat kegigihan dan tentu saja iklan melalui jejaring social yang namanya twitter.

Media social dan Anda
Lepas dari apakah anda merupakan bagian dari perusaah kecil, menengah, atau raksasa atay anda adalah perusaan individual atau bukan. Di buku ini Anda akan mendapatkan ilmu nya.

B.     BLOGGING
Blog adalah sejenis system manajemen konten (content management system) CMS yang memudahkan siapa saja untuk mempublikasikan tulisan tulisan pendek yang dinamakan post. Peranti lunak blog menyediakan hubungan hubungan canggih, seperti comment, blogroll, trackback, dan subscription yang menjadikan blog sebagai media pemasaran yang sempurna. Blog membuat aktifitas aktifitas pemasaran Anda di media social jadi titik sentral karena blog dapat dihubungkan dengan nyaris semua alat dan flatform lainnya.
Setiap perusahaan mempunyai situs internet harus memiliki blog yang berbicara dengan para pelanggan sebagai manusia nyata. Blog bukan tempat yang tepat untuk menyiarkan siaran pers perusahaan, blog harus bersifat konversasional (percakapan interaktif)

Sejarah
Sejak zaman dahulu kala manusia sudah terbiasa dengan mencatat keseharianya di buku dan pribadi. Tapi manusia saat ini mencatat keseharian nya lebih bersifat online sehingga dapat di baca oleh setiap orang yang mengunjungi dunia maya. Inilah awal mula dibuat nya blog. Yang berawal dari senangnya manusia menulis kegiatan atau perasaan nya di buku harian arau Diary.

Protokol
Semua blogging platform mempunyai beberapa ciri dan fitur yang sama. Dibawah ini adalah ciri-ciri fitur dalam blog.

1.   Post
 Blog berisikan banyak post. Panjang sebuah post berkisar dari 100 atau 200 kata sampai berhalamn halaman, tetapi supaya efektif, satu post harus selalu membicarakan satu topic.
Posting biasanya ada yang pendek dan panjang, post yang pendek seringkali dipakai untuk menyampaikan berita dan menginformasikan peristiwa peristiwa. Sedangkan post yang panjang lebih bersifat ilmu pengetahuan atau sejarah suatu produk dll.

2.   Permalink
Setiap post di blog dapat dilihat di banyak tempat, misalnya di beranda (home page), halaman kategori, dan halaman arsip. Tempat tempat ini bersifat dinamis, dan ketika post post baru bertambah, post lama di mundurkan.

3.   Komentar
Kebanyakan blog menyediakan sebuah tempat dibawah setiap post bagi para pengguna untuk menuliskan komentar, sehingga si pemilik blog bisa menjawab dan mengobrol dengan pengunjung blog nya.

4.   Theme
Kebanyakan peranti lunak blog memungkinkan kita untuk mengubah tampilan situs dengan menggunakan theme, karena dengan menampilkan theme yang menarik akan mengundang pengunjung untuk mengunjungi dan membaca blog yang kita tampilkan.

5.   Halaman Arsip dan Halaman Kategori
Post ditampilkan dalam urutan waktu yang terbalik, hanya 10-20 post paling baru yang akan muncul di sebuah beranda blog. Untuk memudahkan pencarian post post lama, kebanyakan peranti lunak blog membuat halaman arsip. Sehingga disini pengguna bisa mencari posting lama.

6.   Blogroll
Blogroll adalah daftar tautan ke blog blog lain yang direkomendasikan. Banyak blogger yang memiliki blogroll di sidebar mereka. Blog blog lain tersebut merupakan situs situs yang selalu di buka oleh blogger.

7.   Tautan
Tautan menunjukan peredaran blogging. Tautan tautan yang masuk tentu mengirim traffic (menambah kepadatan lalu lintasblogging), tetapi juga mendukung pemeringkatan situs situs di mesin pencari. Oleh karena tautan tautan sangat di cari kebanyakan bloger sangatmemperhatikan siapa yang sedang membuat tautan dengan mereka lewat mesin mesin pencari blog.

8.   Trackback dan pingback
Sebagian besar peranti lunak blog mengirimkan trackback atau pingback ketika kita membuat tautan ke blog lain. Singkatnya trackback atau pingback merupakan pemberitahuan dari satu blog ke blog lain bahwa pengirimnya telah menunjukan sebuah tautan kepada penerima nya. Trackback atau pingback sangat popular ketika diciptakan pertama kali.

9.   TweetMeme Button
TweetMeme.com menawarkan javaScript berukuran kecil yang dapat kita copy dan paste di post post kita.

10.     Subcription
Peranti lunak blog memungkinkan kita menyatupadukan konten konten kita dengan menggunakan format format yang popular seperti RSS dan atom format format ini dirancang supaya orang lain dapat membaca konten kita. Peranti lunak blog yang bagus member kemudahan dengan memnyediakan sebuah button sederhana yang tinggal diklik untuk memasukan blog.

Apabila audiens yang kita sasar melek tekhnologi  kita harus menggunakan subscription berbasis feed, apabila tidak ada maka harus ada pilihan seperti e-mail. Maka tampilkanlah dengan tampilan yang mencolok, pilihlah theme yang menarik.

Platform
Blog dapat diseting dalam berbagai platform. Bagian ini akan memaparkan dua jenis platform yang tersedia sampai saat ini, dan secara mendetail membahas sebagian fitur pada platform platform tertentu.

1.   Hosted versus Self-Hosted
Peranti lunak blog dibedakan jadi 2: hosted dan self-hosted. Hosted software, seperti LiveJournal, berada deserver milik perusahaan yang menjaga kode nya. Banyak hosted software mengharuskan menggunakan URL. Blog blog yang paling popular sekarang menggunakan self-hosted software dan diperlukan peng-instalan, mendesain, mengkonfigurasi dan memelihara blog agar blog berjalan sesuai dengan keperluan kita.

2.   Wordpress
Wordpress merupakan peranti lunak blog yang paling terkenal dan paling banyak dipakai, serta peranti lunak favorit saya. WordPress gratis, termasuk open source, dan mempunyai komunitas pengembang dan desainer andal yang telah membuat ribuan plug-in dan theme, yang menjadikan wordpress paling mudah diubah. Setelah di install dan di set-up.

3.   Movable Type
Banyak blog yang lalu lintasnya sangat padat di web menggunakan Movable Type. Sejak beberapa tahun silam. Movable Type telah berubah menjadi open source dan sangat mendukung untuk multiblog, tetapi penggunaanya tidak semudah wordpress.

4.   Blogger
Blogger sangat mudah digunakan tetapi tidak mempunyai banyak fitur yang tersedia di platform platform lain nya. Blogger merupakan pilihan yang popular bagi para blogger, yang baru membuat blog.

5.   HubSpot
HubSpot menjual banyak tool, termasuk blogging package. Layanan hosted berbayar ini merupakan blog anda tampil di domain anda sendiri, dan mempunyai fitur fitur untuk perusahaan yang ingin memadukan blog nya dengan lead-tracking dan marketing analyticnya.

Strategi dalam Membuat Konten
Hal terpenting pada saat hendak membuat blog yaitu kita harus memiliki topic yang akan di dominadi di blog. Apabila kita telah menentukan topic kita harus memperbanyak pendpat pendapat kita di blog, lalu kerjakan blog dengan sungguh sungguh dan rajin mengunggah pendapat kita sesuai topic yang sedang ramai di masyarakat.

1.      Berita
Jenis konten paling popular yang dapat kita jadikan topic di blog yaitu berita yang ada dalam breaking news atau lain nya. Cara terbaik untuk memperoleh informasi seperti ini adalah menjalin hubungan nyata diluar dunia maya dengan orang orang yang berkecimpung dibidang bisnis kita. Apabila kita menemukan penemuan baru atau produk baru maka bersegeral memposting nya di blog.

2.      Daftar
Para pengguna blog lebih mencari konten yang di pecah pendek pendek supaya mudah membaca nya ketimbang blok blok teks yang panjang dan membosankan.

3.      Cara melakukan sesuatu
Peluang terbuka lebar jika kita mengetahui cara melakukan sesuatu sementara orang lain tidak mengetahui nya, maka tulislah langkah langkah sesuatu agar blog kita adsa yang mengunjungi.

4.      Kontroversi
Tulislah hal hal yang berbau kontroversi tetapi kita punya penyelesaian, atau postinglah pendapat kita mengenai kontroversi yang terjadi di masyarakat.

Menjaring Audiens
Hal pokok dalam menjaring audiens adalah menjalin kontak dengan blogger blogger lain dibidang bisnis kita. Pertama kasihlah komentar kepada bloger lain lalu kita ikuti, lalu berkenalan lah di twitter atau facebook. Setelah terjadi pertemanan maka blog kita akan banyak teman nya.

Tip
1.      Setiap perusahaan harus mempunyai satu blog, dan blog ini menjadi pusat pemasaran di media social.
2.      Pilihlah topic yang dapat kita dominasi, jangan ambil topic topic yang sudah dibicarakan banyak orang di banyak blog, dan ungkapkan lah pendapat unik.
3.      Buatlah desain blog yang bagus dan menarik.
4.      Biasakan posting secara teratur
5.      Cari tahu bloger lain di bisnis kita
6.      Ramulah beragam jenis konten dan tambahkan foto, video dan suara.

C.    TWITTER DAN MICROBLOGGING
Microblogging adalah bentuk blogging yang membatasi ukuran setiap post-nya. Kebanyakan perusahaan hadir di twitter, karena twitter memudahkan penyampaian tawaran atau memberitahukan peristiwa sehingga menghubungkan para pembaca dengan tautan tautan yang berisi berita berita penting.

Sejarah
Twitter diciptakan pada Maret 2006, twitter mencapai titik keberhasilan pertama ketika pesan yang beredar perhari naik dari 20.000 jadi 60.000 karena ribuan peserta acara itu menggunakan twitter untuk saling mencari dan mengomentari diskusi panel yang sedang berlangsung.

Protocol
Mikroblog itu sejenis media social yang mengenalkan dasar dasar dari microblogging yang bisa dipakai untuk semua kalangan.

Akun
Di twitter, akun pribadi dan perusahaan berbaur dalam wadah luas dan beku. Tip pembuatan twitter agar banyak followers makan jangan menggunakan number atau underscore misalkan @evi_iswanti2013 karena itu akan mempersulit pencarian pengikut twitter lain nya. Pada saat kita menggunakan Photo profile maka tampilkan photo kita sendiri dan harus jelas jangan mengganti ganti photo. Isilah Bio dengan jelas dan mudah di mengerti dan jangan lupa cantumkan Bio semenarik mungkin lalu tampilkan latar yang menarik atau mencolok tetapi jangn melupakan kemudahan homepage untuk dibaca. Twit lah hal hal yang menarik dan dapat bermanfaat bagi orang lain dari segi hiburan, pendidikan informasi dll.

Direct message
Kita bisa menggunakan direct message bagi followers baru kita gunakan lah bahasa yang simple dan mudah dimengerti.

Trending topic
Tweet lah hal hal yang sedang marak dibicarakan. Agar banyak yang mem-follow twitter kita, sehingga kita mempunyai banyak followers

Hastag
Gunakan lah hastag bagi setiap twit kita agar menghubungkan kepada orang lain penggina twitter.

Memperpendek URL
Dikarenakan setiap tweet dibatasi 140 karakter, ruang tweet menjadi sangat berharga, URL umumnya cukup panjang dan memakan banyak tempat di twitter. Maka gunakan lah URL untuk memperpendek tweet anda.

Tweetie
Adalah aplikasi untuk smartphone dan penyediaan secara gratis didukung iklan dan juga versi berbayarnya.

Twhirl
Adalah aplikasi adobe air untuk computer meja, dan memiliki pengecekan ejaan, sehingga kita tidak aka nada penulisan ejaan yang salah, karena twhrl akan membenarkan nya.

HootSuite
Ini adalah termasuk client twitter berbasis web favourite, dengan aplikasi ini kita bisa mentweet ulang twit lama.

D.    JEJARING SOSIAL

Jejaring social adalah situs yang menjadi tempat orang orang bertemu dengan teman, client dll. Situs situs jejaring social sangat bermanfaat bagi pegawai pemasaran karena menyediakan sejumlah layanan untuk berinteraksi dengan pelanggan, misalnya plug-in application, group dan halaman fan.

Sejarah
Jejaring social online berawal dari bulletin board system (bbs) pada 1980-an. Para pengguna nya dapat log-in ke system ini, meski konek nya sangat lambat.

Facebook
Seiring berjalan nya waktu dan berkembang nya tekhnologi maka muncul lah jejaring social yang lebih cepat yaitu facebook, dengan meggunakan facebook kita bisa saling bertukar informasi, chatting, berbagi photo, mengundang orang. Dengan menggunakan facebook kita harus pintar dalam penggunaanya. Di facebook kita bisa berbagi pesan pula atau bisa menginformasikan lokasi tempat kita berada. Selain itu facebook mempunya fitur pesan terbuka dan bisa juga membuat grup.

Linkedln
Untuk keperluan bisnis professional, linkeldn merupakan jejaring social yang paling terbatas dalam fitur untuk mengubah halaman dan menyatukan konten, tiada fitur foto sharing, dan linkedln menjadi situs jejaring social yang paling akhir dalam memberikan fasilitas kepada para pengguna untuk mengeposkan foto mereka sendiri di profil mereka.

MySpace
Merupakan situs jejaring social pertama yang member kebebasan kepada para pengguna untuk mengubah ubah profil mereka, myspace popular di kalangan remaja, pemusik dan seniman seni man lain. Myspace memberikan kebebasan yang lebih banyak dari pada jejaring social lain nya. Myspace menyediakan fitur blogging yang mudah digunakan dan tersambungke profil pengguna, setelah mendaftar dan membuat fropil myspace, kita bisa mudah memulai dan menggunakan myspace.

E.     MEDIA BERSAMA
Di situs situs media bersama, kita dapat membuat dan mengunggah konten multimedia, yang kadang kala disebut user generated content (UGC). Denganadanya kamera video dan photo dan video digital dan juga koneksi internet yang berkecepatan tinggi, situs situ media bersama menjadi popular. Para pegawai perusahaan dapat membuat video dengan bekal sedikit keahlian dan mengunggah video tersebut ke youtube yang menjangkau jutaan pengguna.

Sejarah
Salahsatu situs media bersama pertama, IFILM.net, di luncurkan pada 1997 sebagai kumpulan video pendek online, yang para pengguna nya dapat mengunggah video mereka sendiri. Pada tahun 2002, Flash MX diluncurkan yang memungkinkan pembuatan video web yang kini kita kenal sekarang. Pada tahu 1999, lahirlah tiga komunitas photo bersama. Ofoto, shutterfly, dan web shots menjadikan para pengguna dapat mengunggah foto foto mereka dan membagi nya keseluruh dunia.

Protokol
Situs situs media bersama social membuat para pengguna dapat berbagi banyak jenis media, dan situs situs tersebut memiliki banyak fitur secara mendetail.

1.   Tag
Adalah kata yang disematkan pada sebuah konten misalnya blog, book, work, social media.

2.   Digital Asset Optimization
Apabila suatu perusahaan sudah membuat banyak konten: power point, slideshow, grafik, webinar dan video. Digital asset optimization adalah proses pengambilan konten digital yang telah kita miliki dan proses peng-online nan nya di media social.

3.   Kontek organik
Pada dasarnya ada dua cara untuk mengeposkan konten ke situs media bersama seperti youtube, slideshares, flickr atau blog.

Youtube
Youtube merupakan media paling popular untuk mengunggah video, youtube pertama kali diluncurkan tahun 2005. Kita juga bisa mempunya akun youtube dan kita bisa mengunggah videoyang kita miliki, kemudian di share ke situs media agar semua pengguna dunia maya bisa melihatnya. Cara pembuatan media social ini sama halnya dengan media social lain nya. Harus mencantumkan profil, foto dan data pribadi.

Flickr
Sekarang menjadi raja situs foto bersama moderndan ini sangat pas menggunakan DAO dengan mengunggah gambar dan table serta foto foto jepretan. Seandainya kita berbisnis pakaian maka kita bisa memposkan foto kita.

SlideShare
Adalah situs media bersama yang memungkinkan kita mengunggah dan berbagi presentasi. Presentasi diubah ke dalam YouTube-style flash widget yang dpat di embed.

F.  BERITA SOSIAL DAN BOOKMARKING
Situs berita social adalah situs yang memungkinkan para pengguna nya submit konten konten dan melakukan voting untuk konten konten tersebut dari seluruh web. Proses voting ini turut memilih tautan tautan yang paling menarik. Para pgawai pemasaran mendapatkan banyak manfaat dari situs situs ini untuk membuat promosi atau tulisan mereka menjadi buah bibir dan tersebar luas, tetapi pemasaran langsung disitus situs berita social melempem.

Protocol
Situs situs berita social terfokus pada pengiriman berita berita terbaru berdasarkan pemungutan suara. Situs bookmarking membolehkan para penggunanya untuk menyimpan tautan setelah mereka membaca nya. Jumlah simpanannya dihitung sebagai jumlah suara dan tautan tautan yang paling popular ditampilkan. Semua situs ini memiliki elemen elemen tertentu yang berguna bagi para pegawai pemasaran. Bagian ini akan mengenalkan elemen elemen tersebut.
1.      Profil
2.      Submitting
3.      Voting
4.      Headline
5.      Linkerti
6.      Going pop
7.      The dig effect
8.      Timing
9.      Power user
10.  Saling tukar berita dan voting

Macam macam konten
1.      List
2.      Breaking news
3.      Game
4.      Kontroversi
5.      Video dan foto
6.      Dig
7.      Reddit
8.      StumbleUpon
9.      Delicious

Situs situs khusus
1.      Kirtsy
2.      Tip’d
3.      Sphinn
4.      Hacker news
5.      Care2

G.    RATING DAN REVIEW
Menurut survey Nielsen Media Research pada April 2009, 70% pelanggan percaya pada pendapat pendapat konsumen yang diposkan secara on-line, 62% percaya pada iklan TV, 61% percaya pada iklan koran dan 59% percaya pada iklan majalah. Peretail online raksasa,  Amazon.com di luncurkan pada 1994. Pada tahun berikutnya. Amazon menambahkan user review yang member kesempatan kepada setiap orang untuk secara anonym memberikan ulasan terhadap buku atau produk yang dipasarkan disitus tersebut.

Protocol
1.   Daftar teratas
2.   Search
3.   Sock puppet
4.   Respons

Selain itu menyediakan post berupa:
1.   Yelp
a.    Membuka akun pebisnis
b.   Tawaran dan pengumuman
c.    Badge dan stiker di website
d.   Elite yelp squad
2.   Situs situs Lain
a.    Citysearch
b.   Superpages
c.    Insider pages
d.   TripAdvisor
e.    Judy’s book

H.    FORUM
Sebagai jenis media social yang barangkali paling tua, forum merupakan community bulletin board dalam versi modern. Focus situs ini adalah diskusi. Para pengguna dapa mengeposkan kontenkesitus ini. Dan orang lain akan meresponnya. Jadilah orang penting dan terhormat dari salastu komunitas dengan menjawab pertanyaan pertanyaan dan memberikan informasi informasi yang berfaedah. Berbeda dengan jenis jenis media social lainnya terdapat ribuan forum popular di web. Yang masing masing mempunyai satu topikatau satu komunitas.

Protokol
Forum merupakan salahsatu bentuk media social berbasis web yang paling tua, dan setiap forum mempunyai budaya dan peraturan sendiri. Sebagian besar platform. Forum menyediakan sejumlah fitur peranti lunak. Bagian ini akan memaparkan fitur fitur tersebut.
1.   Frofil
2.   Lurking
Berarti menghabiskan banyak waktu untuk membaca konten dan mengamati bagaimana cara kerja sebuah komunitas sebelum bisa melihat didalamnya. Lurking merupakan tindakan yang bagus dan pemilik biasanya menyarankan pengguna baru untuk lurking.
3.   Posting
4.   Thread
5.   Moderator dan administrator.
6.   Signature
7.   Reputasi
8.   Pesan tertutup

TIP
·      Forum merupakan tempat yang sangat tepat untuk membangun reputasi online dalam bidang tertentu.
·      Lurk, lurk dan lurk lebih banyak lagi kenalilah sebelum kita mengenal komunitas
·      Berikanlah sumbangan yang berharga jangan asal posting. Pemasaran yang langsung dan terang terangan tidak akan berhasil.
·      Jadilah bagian dari komunitas jangan mengeposkan konten dan kemudian meninggalkannya begitu saja.
·      Membuat forum sendiri bisa jadi sangat bermanfaat, tetapi ini pekerjaan besar, maka pastikan untuk terlebih dahulu menyeleseikan pekerjaan pekerjaan rumah anda.

I.    DUNIA VIRTUAL

Seperti di pertontonkan oleh Science Fiction selama berpuluh puluh tahun, dunia virtual mulai muncul dengan focus pada games dan aktifitas social. Terdapat banyak games yang luar biasa terkenal, seperti World of Warcraft. Tetapi kemungkinan untuk memasarkan produk dengan games-gmes ini sering kali sangat kecil.
Dunia virtual menawarkan kesempatan untuk member audiens kita dengan pengalaman pengalaman yang dahsyat. Maka kita harus meluangkan banyak waktu in-world untuk memahami budaya yang ada seblum promosi, Second Life adalah tempat yang paling rumit untuk mendukung program program pemasaran. Ubah ubah dan ubahlah. Pastikan bahwa tanah, avatar, dan obyek obyek yang dipilih mencerminkan anda, carilah kegiatan kegiatan in-world yang berhasil diselenggarakan dan kemudian disponsori kegiatan kegiatan tersebut seperti yang IBM lakukan dengan grup ballet pixelle.

J.   STRATEGI, TAKTIK, DAN PRAKTIK
Kita harus mengingat produk yang akan kita pasarkan, kenali pesaing dan tentukan harga yang besaing pula, jang menggunakan trik trik pemasan yang offline kuno di media social, semisal friendster, karena masyarakat sudah meninggalkan social media tersebut.

Kita harus memantau tentang perkataan orang di media social tentang barang yang kita pasarkan dan harus terus memantau produk kita dan juga produk pesaing, dan gunakan ongoing strategi untuk membangun reputasi lalu gunakan kampanye untuk memberikan tawaran yang menarik, dan pemasaran lewat media social harus beriringan dengan produk yang kita hasilkan, jangan pernah membohongi public tentang produk yang belum jadi/masa produksi. Kita juga harus menggunakan CTA untuk memberikan tawaran tawaran tertentu kepada para pengunjung situs anda.dan arahkan pula ke tawaran tawaran lain di situs anda.

Mengukur Keberhasilan Pemasaran Di Media Sosial
Untuk mengetahui keberhasilan bisnis dan return on investmen (ROI) pemasaran media social, pengukuran yang efektif menjadi kuncinya, maka kita juga harus bisa mengukur dan mengetahui hasil dari usaha yang sudah dilakukan. Maka diperlukan riset demogradis  untuk mengidentifikasi situs situs social yang dipakai oleh pangsa pasar kita. Kita juga harus bisa menetapkan tujuan tujuan dengan ukuran ukuran keberhasilan yang jelas.

1.      Metric
Adalah unit untuk ukuran standart, kita mengukur tinggi badan dengan metric, dalam pemasaran media social dibedakan menjadi 2 jenis metric, yaitu onsite dan offsite.

2.      Merumuskan tujuan
Rumuskan lah tujuan tujuan yang bisa dicapai dan pastikan bagaimana cara kita dalam mengukur tujuan tersebut. Pilihlah system analisis di wb yang gampang digunakan.

3.      Peranti lunak
Kita harus bisa mengukur ROI dengan setepat tepatnya, jumlah penjualan yang sebenarnya atau closed lead merupakan ukuran yang paling tepat, dan harus memfokuskan pada metric kedekatan hubungan bukan pada kedekatan eyeball murni. Dan kita juga harus mengukur kinerja kita di social media.

SUMBER :
THE SOCIAL MEDIA MARKETING BOOK, DAN ZARELLA

2 komentar: