Jumat, 09 Maret 2018

STEREOTIP DALAM ETIKA DAN PSIKOLOGI KOMUNIKASI


Pengertian Stereotip

Orang  jawa digambarkan sebagai orang yang halus dan pemaaf, hingga ketika kaki orang jawa diinjak pun mereka pun akan bilang “maaf, kaki anda berdiri di atas kaki saya”.Sedangkan orang batak digambarkan sebagai pekerja keras, tempramen , dan lugas mengatakan sesuatu sejelas mungkin.waniat sunda digambarkan diluar matre dan pesoleh, apakah semua dugaan itu benar? itulah dinamkan stereotipe. KKBI mendefinisikan sebagai : (1) berbentuk tetap; berbentuk klise: ucapan yang --; (2) konsepsi mengenai sifat suatu golongan berdasarkan prasangka yang subjektif dan tidak tepat.  
Stereotype” berasal dari dua rangkaian kata Yunani, yaitu stereos, yang mermakna “solid,” dan typos, bermakna “the mark of a blow,” atau makna yang lebih umum yaitu “a model
          
Mengapa Muncul Stereotip?


Ada sejumlah kondisi yang mana stereotip merupakan hal yang tidak dapat dihindarkan (inevitable), yaitu :
  1.  Manusia butuh sesuatu untuk menghilangkan rasa cemas(anxienty) ketika berhadapan dengan sesuatu yang baru, manusia menggunakan stereotip.
  2.  Manusia butuh cara yang ekonomis untuk membenetuk gambaran dunia di sekitarnya. 
  3.  Manusia tidak mungkin mengalami semua kejadian, karena manusia mengandalkan informasi dari pihak lain (media) sebagai jendela dunia.Maka, terjadilah duplikasi stereotip.
Peran Stereotip Dalam Komunikasi
Perkembangan media massa bagi manusia sempat menumbuhkan perdebatan panjang tentang makna dan dampak media massa pada perembangan  masyarakat.Pemahaman dengan masyarakat massa sempat mengguncang persepsi anggota masyarakat mengenai dampak media massa yang cukup signifikan dalam mengubah tata social masayarakat . 

Media massa sendiri dalam msyarakat mempunyai beberapa fungsi social, yaitu fungsi pengawasan media, interpretasi, transmisi nilai dan hiburan, dengan penjelasan sebagai berikut ini:
  1. Fungsi pengawasan media adalah fungsi yang  khusus menyediakan informasi dan peringatan kepada masyarakat tentang apa saja di lingkungan mereka.
  2. Fungsi interpretasi adalah fngsi media yang menjadi sarana memproses, menginterpretasikan,dan mengorelasikan seluruh pengetahuan atau hal yang diketahui oleh manusia.
  3. Fungsi transmisi nilai adalh fungsi media untuk menyebarkan nilai,ide dari generasi satu ke generasi yang lain.
  4. Fungsi hiburan adlah fungsi media untuk menghibur manusia. 

1 komentar:

  1. As reported by Stanford Medical, It is in fact the SINGLE reason women in this country live 10 years more and weigh on average 19 kilos lighter than us.

    (And by the way, it is not related to genetics or some secret exercise and absolutely EVERYTHING to do with "HOW" they eat.)

    P.S, I said "HOW", and not "WHAT"...

    CLICK this link to discover if this little quiz can help you unlock your real weight loss possibilities

    BalasHapus